Pengertian Ruralisasi, Faktor, Dampak dan Contohnya

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 15:49 WIB
Ilustrasi Ruralisasi (foto: DIKTI)
Ilustrasi Ruralisasi (foto: DIKTI)

HARIAN HALUAN - Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ruralisasi, apa yang disebut dengan ruralisasi, apa saja contoh dan dampak dari terjadinya ruralisasi, dan bagaimana ruralisasi bisa terjadi didalam masyarakat.

Yuk kita simak penjelasan mengenai ruralisasi berikut ini.

Dalam konteks ini, mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa ruralisasi sama artinya dengan urbanisasi, namun bisa dipastikan keduanya berbeda. Ruralisasi terjadi ketika wilayah perkotaan sangat padat penduduknya dan keseimbangan penduduk terganggu.

Beberapa orang yang tinggal di kota akhirnya pindah ke daerah pedesaan untuk mencari  kualitas hidup yang lebih baik. Daerah pedesaan juga dapat dikatakan lebih sehat daripada daerah perkotaan karena masih terdapat cukup ruang untuk berteduh di daerah pedesaan.

Pengertian Ruralisasi

Secara umum, ruralisasi adalah proses perpindahan penduduk dari daerah perkotaan yang padat penduduk ke daerah pedesaan yang masih jarang penduduknya.

Singkatnya, konsep pedesaan adalah perpindahan dari kota ke pedesaan. Pedesaan bertujuan untuk mengurangi kepadatan penduduk di perkotaan.

Pada dasarnya masyarakat yang melakukan ruralisasi telah melakukan urbanisasi di masa lalu, namun cukup banyak juga masyarakat urbanisasi yang melakukan ruralisasi kembali ke pedesaan.

Faktor Penyebab Ruralisasi

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Sumber: Pendidikan.co.id

Tags

Terkini

Materi Sejarah: Deklarasi Djuanda

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:15 WIB

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X