Pengertian, Karakteristik dan Contoh Kerajinan Serat Alam

- Jumat, 3 Juni 2022 | 08:41 WIB
Kain Wol  (Ruswanti )
Kain Wol (Ruswanti )

 

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan sumber daya alam yang kaya, baik flora maupun fauna. Kekayaan sumber daya alam tersebut memicu rakyat Indonesia dalam memanfaatkan sebaik mungkin hasil alam yang melimpah ini. Salah satunya adalah kerajinan dari serat. Apa itu kerajinan dari serat? Untuk penjelasan lebih lanjut, melansir dari Serupa.id, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Serat Alam

Serat alam merupakan suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh.

Menurut KBBI, serat berarti suatu material yang perbandingan panjang dan lebarnya sangat besar dan molekul penyusunnya terorientasi, terutama ke arah panjang.

Contoh dari serat adalah serat kapas yang memiliki perbandingan panjang dan lebar mulai dari 500 (1 sampai dengan 1000). Selain itu, kita juga dapat menemukan serat di sayur-sayuran, buah-buahan, dan tekstil. Dalam dunia tekstil, serat merupakan bahan baku tekstil yang digunakan dalam pembuatan benang dan kain. Bahan baku tekstil ini memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan asal serat tersebut.

Dalam sejarah, sejak tahun 2640 SM, serat telah digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Negara yang pertama kali mengolah bahan serat alam adalah Cina yang dari sejak dahulu sudah menghasilkan serat sutera. Selain itu, bahan serat alam lainnya berupa kapas yang dari sejak tahun 1540 SM telah banyak diproduksi secara industri oleh India. Di wilayah lain, pada tahun 1000 SM, ada serat flax yang pertama kali digunakan di Swiss serta serat wol mulai digunakan di Mesopotamia.

Jenis dan Karakteristik Sumber Serat Alam

Bahan serat alam digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu serat dari tumbuhan, hewan, dan mineral. Namun, dilihat dari proses pembuatannya, serat alam biasanya menggunakan serat dari tumbuhan dan hewan. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak dua jenis sumber serat alam berikut ini.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Serupa.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB
X