Ruang Lingkup Geografi Fisik, Geografi Sosial, dan Geografi Regional

- Jumat, 3 Juni 2022 | 12:49 WIB
Ilustrasi Ruang Lingkup Geografi
Ilustrasi Ruang Lingkup Geografi

Ilmu geografi merupakan ilmu yang mempelajarj segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. Menurut bahasa, geografi berasal dari Bahasa Yunani, yakni geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti mencitrakan. Melansir dari Kumparan.com, Ikatan Geografi Indonesia (IGI) mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.
Pengertian Ruang Lingkup Geografi
Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang ruang lingkup geografi. Maksud dari ruang lingkup sendiri merupakan segala sesuatu yang harus dipelajari dalam ilmu tersebut, khususnya geografi. Nah, seperti artinya, ruang lingkup geografi mencakup semua fenomena atau bagian yang ada di bumi. Selain itu, ilmu Geografi harus mampu memecahkan lima hal, yaitu:
1. What (Apa): Untuk mengetahui gejala apa yang terjadi.
2. Where (Di mana): Di mana suatu fenomena terjadi
3. When (Kapan): Mengetahui kapan terjadinya suatu fenomena.
4. Why (Mengapa): Mengapa fenomena itu terjadi.
5. How (Bagaimana): Mengetahui bagaimana menyelesaikan fenomena tersebut dengan benar.

Ruang Lingkup Geografi

Dari kelima pertanyaan tersebut, ruang lingkup geografi dalam terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu geografi fisik, geografi sosial, dan geografi regional. Simak penjabaran masing-masing berikut ini.
1. Geografi Fisik

Ilustrasi Geografi Fisik

Geografi fisik merupakan ruang lingkup yang mempelajari keadaan lingkungan alam di luar manusia. Hal yang dipelajari pada geografi fisik berkaitan dengan kondisi atmosfer (lapisan udara), litosfer (lapisan batuan), hidrosfer (lapisan air), dan biosfer (lapisan kehidupan) yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu, dibutuhkan ilmu-ilmu yang mendukung geografi fisik.
Pada setiap ruang lingkup akan terbagi lagi menjadi beberapa cabang. Berikut beberapa cabang di ruang lingkup ini, antara lain:
1. Meteorologi dan klimatologi: cabang geografi yang mempelajari gejala cuaca di atmosfer.
2. Geologi: cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang batuan dan mineral yang terkandung dalam kerak bumi.
3. Hidrologi: ilmu yang mempelajari tentang air dan perairan.
4. Oseanologi: cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang laut dan samudera.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa ruang lingkup geografi fisik adalah kajian tentang kondisi fisik bumi.

Baca Juga: 10 Konsep Dasar Geografi Penting beserta Contoh yang Perlu Kamu Pelajari
2. Geografi Sosial
Geografi sosial merupakan kajian terhadap aktivitas manusia dan pengaruhnya terhadap lingkungan, aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya di dunia. Dalam geografi sosial, seorang peneliti dapat mengkaji tentang persebaran penduduk, dinamika penduduk, hingga aktivitas ekonomi.
Selain kondisi fisik, geografi juga mempelajari tentang hubungan manusia. Nah, berikut contoh cabang geografi sosial.
1. Demografi: Ilmu kependudukan yang membahas tentang proses demografis yang mencakup fertilitas, mortalitas, dan migrasi. Ilmu ini merupakan gabungan antara ilmu geografi, matematika, dan sosiologi.
2. Geografi ekonomi: Membahas bagaimana manusia memanfaatkan sumber daya alam, menghasilkan barang dagangan, pola lokasi, hingga persebaran kegiatan industri. Ilmu ini adalah gabungan geografi dan ekonomi.

Baca Juga: Penjelasan Tentang 4 Prinsip Geografi Beserta Penerapan
3. Geografi Regional
Ruang lingkup terakhir adalah geografi regional. Ruang lingkup ini terbatas pada kajian tentang satu region atau wilayah tertentu. Geografi regional berisi bahasan menyeluruh dari aspek fisik dan aspek sosial pada sebuah wilayah, provinsi, negara, maupun regional tertentu.
Cabang ilmu dari geografi regional merupakan gabungan dari kedua ruang lingkup sebelumnya. Dari ruang lingkup ini, kita dapat menentukan cara untuk mengoptimalkan sumber daya alam dengan baik serta meningkatkan pendapatan daerah.
Berikut penjelasan singkat tentang 3 ruang lingkup geografi. Masing-masing ruang lingkup memiliki batasan pembahasannya. Geografi fisik mempelajari tentang fisik bumi, geografi sosial mempelajari tentang hubungan antarmanusia, dan geografi regional mempelajari keduanya dengan batasan wilayah tertentu.

Editor: Ruswanti

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X