Materi Kelas 6 SD, Apa Perbedaan Ekspor dan Impor? Simak Penjelasan Lengkapnya!

- Kamis, 9 Juni 2022 | 20:21 WIB
ilustrasi ekspor dan impor
ilustrasi ekspor dan impor

Kegiatan ekspor dan impor menjadi kegiatan yang dilakukan untuk perdagangan yang dipasarkan oleh antar negara.

Berikut penjelasan mengenai kegiatan ekspor dan impor yang dirangkum dalam satu penjelasan secara lengkap untuk mengetahui perbedaan keduanya.

  1. Kegiatan Ekspor

Pengertian

Baca Juga: Materi IPA Kelas 6 SD, Pengertian Ekosistem Beserta Contoh Soal dan Jawaban

Kegiatan ekspor adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang mengeluarkan produk dan barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan beberapa peratuan dan ketentuan yang berlaku.

Ekspor tersebut dapat dilakukan oleh suatu negara yang bisa menghasilkan suatu produk dalam jumlah besar dan memenuhi di dalam negeri.

Tujuan Ekspor

Kegiatan ekspor dilakukan dengan beberapa tujuan sebagai berikut:

  1. Menumbukan industri dalam negeri, kegiatan ekspor akan melahiskan industri yang lainnya di suatu negara tertentu dan jauh lebih besar, oleh karena itu permintaan ekspor akan menjadi semakin meningkat. Kegiatan ekspor ini juga akan menghasilkan usaha yang lebih kondusif dan bisa bersaing ketat dalam perdagangan internasional.
  1. Mengendalikan harga produk, kegiatan ekspor dapat memantaatkan kelebihan kapasitas pada suatu produk dan dinilai bisa mengendalikan harga produk ekspor yang terjadi di negara tersebut.
  2. Menambah devisa negara, dengan adanya kegiatan ekspor akan semakin banyak meningkatkan nilai kekayaan (devisa) suatu negara. Ekspor juga bisa membuka peluang besar di luar negeri dengan menumbuhkan perluasan pasar domestik dan investasi selain menambah devisa itu sendiri.
  3. Membuka banyak lapangan pekerjaan, kegiatan ekspor ini secara tidak langsung dapat membuka banyak lapangan pekerjaan di suatu negara. Dengan membantu bukanya banyak lapangan pekerjaan, hal ini juga bisa berguna untuk menekan angka pengangguran negara itu sendiri.

Komoditas Ekpor Indonesia

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X