Manajer Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Syarat yang Harus Dimiliki

- Kamis, 9 Juni 2022 | 20:32 WIB
Ilustrasi Manajer Keuangan (foto:lawdonut.co.uk)
Ilustrasi Manajer Keuangan (foto:lawdonut.co.uk)

Pernah kita mendengar istilah manajer keuangan? Apakah saja tugasnya dan fungsinya, bagaimana mereka bekerja, yuk kita simak penjelasan mengenai manajer keuangan

Sebagian besar perusahaan dan institusi memiliki badan atau bagian yang mengurusi keuangan, yang bertanggung jawab untuk mengelola pendapatan dan pengeluarannya, serta membuat keputusan saat melakukan investasi, mengelola akun yang dimiliki perusahaan, dll.

Tergantung pada ukuran perusahaan, mungkin ada koordinator atau kepala unit keuangan. Namun, biasanya perusahaan besar memiliki posisi manajer keuangan, yang memiliki lebih banyak tanggung jawab atas keuangan perusahaan.

Selain mengelola pembayaran atau melacak pendapatan dan pengeluaran proses bisnis, manajer keuangan adalah orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan uang yang dimiliki perusahaan dengan benar, serta tindakan yang dilakukan dengan dana tersebut, seperti pembelanjaan perusahaan, pembelian peralatan,perekrutan karyawan, perluasan cabang, dll.

Apa itu manajer keuangan?

Manajer keuangan adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi aliran uang yang dimiliki perusahaan, serta aset yang masuk dan keluar.

Karena pengelolaan dana suatu perusahaan merupakan tanggung jawab yang besar, maka manajer keuangan harus mengetahui undang-undang yang mengatur aspek keuangan perusahaan, untuk memastikan bahwa perpindahan yang dilakukan dengan rekening-rekening yang berada di bawah tanggung jawabnya adalah sah baik di negara tempat perusahaan tersebut berada.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa manajer keuangan adalah orang yang bertanggung jawab atas strategi keuangan dan perusahaan perusahaan, untuk menjamin profitabilitasnya.

Fungsi Manajer Keuangan

Fungsi manajer keuangan dapat sangat bervariasi berdasarkan jenis perusahaan tempat mereka bekerja, jadi di bawah ini kami akan membahas beberapa fungsi umum, yang dapat diterapkan pada sebagian besar perusahaan.

Menjamin likuiditas perusahaan

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Konsep Larutan: Definisi Dan Jenis-Jenisnya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 04:30 WIB

Ikatan Kimia: Pengertian, Teori dan Jenis-Jenisnya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 02:41 WIB

Teks Observasi: Definisi, Tujuan, Dan Ciri-Cirinya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 02:35 WIB

5 Contoh 'Announcement Text' dalam Bahasa Inggris

Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:21 WIB

Mengenal Tujuan dan Ciri Suaka Margasatwa

Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:43 WIB

Dampak dan Penyebab Abrasi

Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:40 WIB
X