Proses Terbentuknya Gletser dan Responsnya terhadap Perubahan Iklim

- Jumat, 10 Juni 2022 | 12:43 WIB
Gletser  (Ruswanti )
Gletser (Ruswanti )

Apa itu gletser? Nah, gletser adalah bongkahan besar kristal es, salju, batu, sedimen, dan seringkali air cair yang berasal dari darat dan bergerak perlahan menuruni lereng, di bawah pengaruh berat dan gravitasinya sendiri. Gletser juga sering disebut sungai es.

Gletser dibagi menjadi dua kelompok, yaitu gletser alpine dan lapisan es. Nah, gletser alpine terbentuk di lereng gunung dan bergerak ke bawah melalui lembah. Terkadang, gletser alpine membuat ataupun memperdalam lembah dengan mendorong kotoran, tanah, dan material lain agar tidak menghalangi jalannya. 

Gletser ini ditemukan di pegunungan tinggi di setiap benua, kecuali Australia. Sementara itu, lapisan es tidak terbatas di daerah pegunungan. Gletser itu membentuk kubah yang luas dan menyebar ke segala arah.

Nah, lapisan es tebal yang menyebar menutupi segala hal di sekitarnya, termasuk lembah, dataran, dan pegunungan. Lapisan es terbesar disebut gletser kontinental. Saat ini, gletser benua menutupi sebagian besar Antarktika dan Greenland. 

 

Proses Terbentuknya Gletser

Baca Juga: Fenomena Alam: Badai Salju

Proses Terbentuknya Gletser (Ruswanti )

Setiap tahun, gletser terbentuk di tempat dengan lebih banyak salju menumpuk daripada mencair. Salju yang turun mulai menumpuk dan lebih padat. Lalu, secara perlahan, kristal yang ringan dan halus berubah menjadi butiran es bulat yang keras.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cerita Dongeng Anak yang Memuat Nilai Moral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:56 WIB

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB
X