Macam-Macam Kerajinan Bentuk Bangun Ruang

- Jumat, 10 Juni 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi membuat kerajinan
Ilustrasi membuat kerajinan

Kerajinan tangan memiliki beragam bentuk dan sangat berkembang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang cocok untuk dijadikan ladang usaha.

Beberapa kerajinan yang terkenal kini juga dikenal dengan beberapa barang yang dibuat dari barang bekas atau limbah.

Bahan bekas atau limbah tersebut dimanfaatkan untuk membentuk beberapa kerajinan yang menarik dengan berbagai macam bentuk.

Adapula perbedaan dari kerajinan dari bahan limbah berdasarkan bahannya, yaitu kerajinan dari limbah berbentuk bangun datar dan kerajinan berbentuk bangun ruang.

Baca Juga: Mengernal Perdagangan Internasional: Faktor Pendorong dan Penghambat

Berikut ini beberapa contoh dari beberapa kerajinan yang dibuat dari limbah dengan bentuk bangun ruang.

  1. Botol Plastik

Botol plastik sangat banyak dijual menjadi kemasan minuman, namun ternyata dari limbah botol plastik tersebut dapat dijadikan sebuah kerajinan yang menarik. Beberapa kerajinan dari botol plastik dapat dibentuk menjadi berbagai macam, misalnya saja menjadi pot tanaman. Pemanfaatan botol plastik dapat menjaga kebersihan lingkungan juga.

  1. Karet Ban

Limbah karet ban secara tidak disadari semakin banyak dengan bertambahnya kendaraan bermotor. Jika terus menerus dibakar akan menyebabkan lingkungan dan udara juga menjadi tercemar. Degan adanya pemanfaatan karet ban menjadi sebuah kerajinan dapat memberikan manfaat yang sebaliknya. Selain itu beberapa contoh kerajinan dari limbah karet ban bisa dijadikan kursi, meja, dan beberapa furniture lucu lainnya untuk menghiasi taman dan rumah.

  1. Kaleng

Biasanya beberapa kemasan minuman dan makanan juga memai kaleng besi sebagai wadah mereka. Namun, disisi lain kerajinan limbah kaleng ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan yang unik. Beberapa contoh kerajinan bentuk bangun ruang seperti kaleng ini dapat diubah menjadi lampu, hiasan rumah, pajangan, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X