Apa Saja Prinsip Geografi? Penjelasan dan Contohnya

- Senin, 13 Juni 2022 | 15:39 WIB
Prinsip-Prinsip Geografi (foto:shutterstock)
Prinsip-Prinsip Geografi (foto:shutterstock)


HARIAN HALUAN - Prinsip-prinsip geografi adalah prinsip-prinsip yang harus dipenuhi oleh mereka yang terlibat dalam setiap studi ilmu ini. Di antara prinsip-prinsip tersebut adalah lokasi, deskripsi atau perbandingan. Dengan menggunakannya, perkembangan yang benar dicapai dalam penyelidikan atau deskripsi geografis apa pun.

Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu "Gea" yang berarti Bumi, dan "grafía" yang artinya adalah "deskripsi". Oleh karena itu, sainslah yang bertanggung jawab untuk mendeskripsikan planet dalam semua aspek, mulai dari permukaannya, hingga fauna atau bentang alamnya.

Kemajuan teknologi terkini, seperti munculnya satelit atau alat transportasi yang lebih baik, telah membuat ilmu ini banyak maju dalam hasilnya.

Prinsip Geografi

Prinsip-prinsip geografi adalah standar-standar yang harus diikuti oleh para ilmuwan yang melakukan pekerjaan di bidang ini. Dengan ini, mereka memastikan bahwa hasil yang diperoleh memenuhi semua standar kualitas yang diperlukan.

Kita biasanya berbicara tentang 5 atau 6 prinsip utama, tergantung pada penamaan dan bagaimana mereka dikelompokkan bersama atau dilihat secara terpisah.

Prinsip Lokasi

Jika berbicara tentang ilmu yang menggambarkan Bumi dengan semua komponennya, salah satu prinsip dasarnya adalah lokasi.

Ini tidak lebih dari menunjukkan dengan tepat di mana fenomena geografis yang dianalisis berada.

Dengan cara ini, misalnya relief pegunungan dari suatu tempat sedang dipelajari, lokasinya harus dicatat, dengan data seperti garis lintang, garis bujur, ketinggian atau permukaan.

Prinsip Perluasan atau Distribusi

Seperti halnya yang terjadi dengan letak fakta geografis, peneliti yang bersangkutan juga harus meninggalkan pendaftaran ekstensi yang dimilikinya.

Jika itu adalah Sungai, itu harus menunjukkan apa yang diukurnya atau jika itu berbicara tentang sebuah kota itu akan meninggalkan referensi dari permukaannya.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X