Perbedaan Elektrolit dan Nonelektrolit beserta Contohnya

- Senin, 13 Juni 2022 | 16:32 WIB
Perbedaan Elektrolit dan Nonelektrolit (metaltiger.org)
Perbedaan Elektrolit dan Nonelektrolit (metaltiger.org)

HARIAN HALUAN - Pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai larutan elektrolit dan nonelektrolit. Senyawa kimia dapat dibagi menjadi dua kategori menurut kemampuannya untuk menghantarkan listrik melalui larutan airnya.

Kedua kategori ini adalah elektrolit dan nonelektrolit.

Elektrolit adalah senyawa kimia yang dapat larut dalam air membentuk ion. Ion-ion ini dapat menghantarkan listrik melalui larutan.

Nonelektrolit adalah senyawa kimia yang tidak menghantarkan listrik ketika dilarutkan dalam air. Ini karena mereka tidak membentuk ion ketika dilarutkan dalam air.

Perbedaan utama antara elektrolit dan nonelektrolit adalah bahwa elektrolit dapat terionisasi ketika dilarutkan dalam air sedangkan nonelektrolit tidak dapat terionisasi ketika dilarutkan dalam air.

Pengertian Elektrolit

Elektrolit adalah senyawa kimia yang dapat terurai menjadi ion jika dilarutkan dalam air. Ion-ion ini dapat menghantarkan listrik melalui larutan berair ini. Untuk memecah menjadi ion-ionnya, elektrolit harus berupa senyawa ionik. Senyawa ionik terbuat dari kation dan anion.

Ketika dilarutkan dalam air, senyawa ionik ini dapat membentuk kation dan anion berair. Ion-ion ini tersebar merata di seluruh larutan. Maka larutan tersebut netral secara listrik.

Jika arus listrik diberikan ke larutan ini dari luar, ion-ion dalam larutan mulai bergerak. Kation bergerak ke elektroda di mana kerapatan elektron tinggi. Anion cenderung pindah ke elektroda lain. Pergerakan ion ini membuat arus listrik melalui larutan.

Ada dua jenis elektrolit yaitu elektrolit kuat dan elektrolit lemah.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X