Gerak Harmonik Sederhana: Pengertian, Konsep dan Contohnya

- Senin, 13 Juni 2022 | 18:09 WIB
Gerak Harmonik Sederhana
Gerak Harmonik Sederhana

HARIAN HALUAN - Artikel ini kita akan membahas salah satu materi fisika yaitu mengenai gerak. Kita melihat berbagai jenis gerakan setiap hari. Misalnya, gerakan jarum jam, gerakan roda mobil, dll.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa jenis gerakan ini terus berulang? Nah, gerak tersebut bersifat periodik, dan salah satu jenis gerak periodik tersebut adalah gerak harmonik sederhana. Tapi, apa itu gerak periodik dan gerak harmonik sederhana? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Gerak Periodik dan Osilasi

Gerak periodik adalah gerak yang berulang dalam selang waktu yang sama. Sekarang, kita perlu mengetahui apa itu gerak periodik, sebelum memahami gerak harmonik sederhana.

Kita melihat banyak contoh gerak periodik dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya gerak jarum jam adalah gerak periodik, goyangan buaian, berayun di ayunan, gerak daun-daun pohon ke sana kemari karena tertiup angin, dan sebagainya.

Dalam contoh-contoh ini, partikel benda melakukan rangkaian gerakan yang sama berulang kali dalam gerakan periodik, dan osilasi adalah salah satu rangkaian gerakan tersebut. Gerak Harmonik Sederhana adalah contoh yang bagus dari gerak osilasi.

Gerak Harmonik Sederhana

Pengertian Gerak Harmonik Sederhana adalah gerak benda yang bergerak bolak-balik sepanjang garis.

Misalnya, Pernahkah Anda melihat pendulum (bandul yang bergantung pada seutas tali, rantai dan sebagainya)? Ketika kita mengayunkannya, ia bergerak ke sana kemari di sepanjang garis yang sama. Gerakan-gerakan ini adalah osilasi. Getaran bandul adalah contoh gerak harmonik sederhana.

Sekarang, perhatikan ada pegas yang dipasang di salah satu ujungnya. Ketika tidak ada gaya yang diterapkan padanya, ia berada pada posisi setimbangnya.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X