Bilangan Kuantum: Pengertian dan Karakteristik

- Rabu, 15 Juni 2022 | 04:48 WIB
Bilangan Kuantum (foto:thoughtco)
Bilangan Kuantum (foto:thoughtco)

HARIAN HALUAN - Bilangan kuantum diidentifikasi dengan huruf: "n", "l", "m" dan "s" dan itu adalah nilai yang menggambarkan beberapa karakteristik elektron dalam atom. Dan, dengan karakteristik ini salah satu cara untuk mengetahui area di mana elektron paling mungkin ditemukan.

Kemajuan ilmiah penting dibuat dalam mekanika kuantum dan fisika atom pada awal abad ke-20. Fisikawan Austria Schrödinger dan fisikawan Denmark Niels Bohr meletakkan dasar bagi teori atom.

Di antara kontribusi mereka adalah pelopor dalam penggunaan bilangan kuantum untuk menggambarkan elektron atom. Bohr bahkan mengembangkan model atomnya sendiri, yang saat ini paling banyak diterima.

Beberapa fitur model atom Bohr berhubungan dengan jumlah dan posisi elektron dalam atom. Misalnya, jumlah elektron dalam atom meningkat dari inti ke luar. Fitur penting lainnya adalah elektron tidak bergerak dalam orbit, bertentangan dengan teori atom sebelumnya. 

Teori-teori yang berbeda memunculkan empat bilangan kuantum. Angka-angka ini digunakan untuk menjelaskan karakteristik elektron dalam atom. Bilangan kuantum memiliki nilai dan sifat sebagai berikut:

Jenis Bilangan Kuantum

1. Bilangan Kuantum Utama

Ini dilambangkan sebagai "n" dan menunjukkan tingkat energi yang dimiliki atom. Artinya, tingkat energi di mana elektron bergerak. Ini juga memungkinkan Anda untuk menghitung perkiraan jarak antara inti atom dan elektron.

Dan juga, memungkinkan untuk mengenali ukuran orbital tempat elektron berada. Nilai bilangan kuantum ini adalah bilangan bulat dari 1 dan seterusnya. Sejauh ini hanya atom dengan 8 tingkat energi yang diketahui.

2. Bilangan Kuantum Sekunder atau Azimut

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X