Politeknik Negeri Padang Siapkan Strategis Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran

- Rabu, 15 Juni 2022 | 11:30 WIB
Tisari Yona Geumila, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Padang, dipandu oleh Era Madona, SST.,M.Sc.
Tisari Yona Geumila, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Padang, dipandu oleh Era Madona, SST.,M.Sc.

HARIANHALUAN - Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Padang, Tisari Yona Geumila menilai, Langkah strategis peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran diperlukan mengingat Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2022 dan Surat Menteri Keuangan nomor S-1140/MK.05/2021.

Menurutnya, hal ini dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan serta untuk mewujudkan belanja pemerintah yang lebih berkualitas (spending better), dan mendukung penanganan pandemi Covid-19 serta mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN).

Baca Juga: Raih Peringkat 3 Pomprov, Atlet Politeknik Negeri Padang Siap Wakili Sumbar ke Pomnas 2022

Secara umum, langkah-langkah yang diambil adalah memperbaiki perencanaan, mempercepat pelaksanaan program/kegiatan/proyek, melakukan percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa (PBJ), meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja (value for money), meningkatkan monitoring dan evaluasi serta pengawasan internal, meningkatkan kualitas pelaksanaan belanja modal, terutama dengan profil nelanja modal risiko tinggi.

Sesuai arahan pimpinan, kata Yona, pembelanjaan anggaran dimaksudkan untuk mewujudkan belanja berkualitas melalui peningkatan kualitas pelaksanaan anggaran, sesuai dengan perubahan paradigma tata kelola yang menekankan kualitas pelaksanaan anggaran.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Kembali Jadi Tuan Rumah Forum Wadir 2 Politeknik se-Indonesia

"Selain itu, perlunya simplifikasi penilaian kinerja agar lebih fokus pada tujuan yang lebih strategis meski tidak terlalu banyak indikator yang dinilai," katanya seperti dikutip dari laman resmi pnp.ac.id, Rabu, 15 Juni 2022.

Forum juga memberi perhatian khusus pada implementasi IKPA. IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga. Implementasi IKPA 2021 menunjukkan, pandemi Covid-19 berdampak terhadap pelaksanaan anggaran dan kebutuhan akselerasi belanja serta pencapaian output.

"Target penyerapan pun tercatat meningkat, pada Triwulan 3 peningkatan tercatat mencapai 70%," terang Yona.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X