Sabet Juara 1 dan 3, Tim Robot Politeknik Negeri Padang Siap Berlaga dalam Kontes Robot Nasional ITS 2022

- Kamis, 16 Juni 2022 | 11:46 WIB
Tim Robot Politeknik Negeri Padang.
Tim Robot Politeknik Negeri Padang.

HARIANHALUAN - Tim Robot Pagaruyung berhasil menjadi Juara 1, mengungguli Tim A’ Rimau dari Universitas Sriwijaya dalam Divisi KRSTI; dan Tim Midun menempati peringkat 3 setelah mengakui keunggulan Tim Barelang FC dari Batam, disusul Tim Krakatau FC dari Universitas Teknokrat Indonesia dalam Divisi KRSBI Humanoid, dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah yang berlangsung 7-13 Juni 2022.

Dalam pengumuman kontesnya tingkat wilayah secara tertulis, Asep Sukmayadi, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek merinci, usai pelaksanaan KRI Tingkat Wilayah (7-13 Juni 2022), akan diumumkan Peserta KRI Tingkat Nasional 2022 (16 Juni 2022), dan KRI Tingkat Nasional digelar secara luring (29 Juni – 3 Juli 2022) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Lakukan Reformulasi & Strategi Persiapan Penilaian IKPA 2022

Menurut Pembimbing Tim Robotik PNP, Anton Hidayat, S.T., M.T., Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid mengacu pada divisi KidSize RoboCup Soccer Humanoid League. Tema KRSBI 2022 adalah “Meningkatkan Kembali Kesehatan Teknologi Robotika Bangsa Melalui Robot Humanoid Cerdas dan Tangkas Pemain Sepakbola”.

Sementara,Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) menampilkan robot humanoid yang dapat menari berdasarkan gerakan seni tari dan budaya bangsa di Indonesia. Robot menari dengan diiringi musik melakukan gerakan wajib sesuai dengan tema “Robot Penari Kancet Ledo”.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Siapkan Strategis Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran

KRI 2022 mempertandingkan 6 (enam) divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Tim Robot PNP berharap bisa mengikuti KRI Tingkat Nasional yang diikuti oleh sejumlah tim terbaik pada KRI Tingkat Wilayah yang diselenggarakan secara luring.

Kompetisi tahunan rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini merupakan penyelenggaraan ke-20. Kompetisi ini digelar perdana pada 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X