Politeknik Negeri Padang Optimis Raih WBK dengan Terapkan Rekomendasi 2021

- Minggu, 19 Juni 2022 | 13:54 WIB
Direktur PNP, Surfa Yondri. (Baju putih)
Direktur PNP, Surfa Yondri. (Baju putih)

HARIANHALUAN - Tim Inspektorat Pendampingan Reformasi Birokrasi Itjenkemdikbudristek terkesan dengan kinerja Satuan Pengamanan (Satpam) Politeknik Negeri Padang, yang tercermin dalam penampilan, keramahan sikap dan sopan santun, pemberian informasi umum dan penjaminan keamanan tamu sampai ke bagian yang dituju tanpa buang waktu.

Hal itu diungkapkan berkali-kali oleh Ketua Tim Inspektorat Itjenkemdikbudristek, Ridwan, saat melakukan Pendampingan dan Penilaian Pembangunan Zone Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) terhadap Politeknik Negeri Padang yang berlangsung 13 dan 15 Juni 2022, di Aula Gedung C Lantai 2 kampus tersebut.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Diusulkan Buka Prodi Sarjana Terapan Kecerdasan Buatan dan Robotik

“Meskipun terkesan sepele dan kecil, namun hal ini mencerminkan kewibawaan dan komitmen pemimpin instansi, terutama dalam mewujudkan reformasi birokrasi. Pada prinsipnya, sasaran reformasi birokrasi adalah terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme; meningkatnya kualitas pelayanan publik kepada masyarakat; dan meningkatnya kapasitas dana akuntabilitas kinerja birokrasi. Kinerja satpam termasuk dalam kualitas pelayanan publik dan mereka adalah garda terdepan sebelum pihak luar menemui pimpinan atau siapapun dalam instansi,” ulasnya.

Diharapkan seluruh Satuan Pengamanan (Security Guard) di PNP ini tidak melupakan tugas umumnya mengamankan aset instansi, proyek, bangunan, properti atau tempat; dan melakukan pemantauan peralatan, pengawasan, pemeriksaaan dan jalur akses untuk memastikan keamanan dan mencegah kerugian atau kerusakan yang disengaja; serta melakukan tindakan preventif keamanan.

Baca Juga: Sabet Juara 1 dan 3, Tim Robot Politeknik Negeri Padang Siap Berlaga dalam Kontes Robot Nasional ITS 2022

Ridwan juga menyentil kedisiplinan pegawai PNP secara umum dari contoh kecil lainnya.

"Direktur PNP kemana-mana dengan tanda pengenal ‘name tag‘ terpasang di dada tapi sikap yang baik itu tidak diikuti oleh hampir seluruh pegawai," katanya miris.

Meskipun demikian Tim Inspektorat Itjenkemdikbudristek ini memberikan nilai relatif tinggi (80-an) untuk kesiapan Politeknik Negeri Padang meraih predikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (Menuju WBK). WBK adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X