Fungsi Sistem Ekskresi Manusia dan Cara Menjaga Kesehatannya

- Selasa, 21 Juni 2022 | 11:42 WIB
Fungsi Sistem Ekskresi Manusia (Ruswanti )
Fungsi Sistem Ekskresi Manusia (Ruswanti )

Ekskresi adalah proses pengeluaran bahan sisa atau zat yang tidak dibutuhkan dari tubuh manusia. Jadi, sistem eksresi disebut sebagai cara agar zat tersebut bisa keluar dari dalam tubuh.

Zat sisa metabolisme yang dapat membahayakan tubuh meliputi karbon dioksida, kelebihan air, dan urea. Karbon dioksida dihasilkan dari proses respirasi (pernapasan), sedangkan urea dari proses pemecahan zat protein.

Nah, sistem ekskresi manusia memiliki beberapa fungsi. Selain itu, terdapat beberapa cara menjaga kesehatan sistem ekskresi agar tetap berfungsi dengan baik. Yuk, simak ulasannya!

 

Fungsi Sistem Eksresi Manusia

Baca Juga: Penyakit pada Sistem Ekskresi Manusia dan Cara Mencegahnya

Dikutip dari Tirto.id, keempat organ sistem ekskresi, yakni paru-paru, ginjal, kulit dan hati, memiliki fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan fungsi sistem ekskresi manusia.

1. Paru-paru

Terkait fungsi sistem ekskresi manusia, paru-paru berperan dalam mengeluarkan gas karbon dioksida dan sisa air saat proses respirasi berlangsung. Di dalam paru-paru, terjadi proses pertukaran gas oksigen (yang dibutuhkan) dan karbon dioksida (tidak dibutuhkan).

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Tirto.id, Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cerita Dongeng Anak yang Memuat Nilai Moral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:56 WIB

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB
X