Jenis dan Rumus Persilangan Golongan Darah

- Selasa, 21 Juni 2022 | 19:58 WIB
Jenis Golongan Darah  (Ruswanti )
Jenis Golongan Darah (Ruswanti )

Perihal golongan darah sudah tidak asing dalam kehidupan. Golongan darah juga masuk dalam rincian biodata setiap orang. Akan tetapi, sejak kapan manusia tahu tentang golongan darah? Nah, pengetahuan manusia tentang golongan darah mulai diperkenalkan oleh Dr. Karl Landsteiner pada 1900.

Dr. Karl mengemukakan bahwa berdasarkan ketersediaan aglutinin dalam plasma darah dan kadar aglutinogen dalam eritrosit, darah dibagi menjadi empat golongan, yakni golongan darah A, B, AB, dan O. Namun, bagaimana seseorang dapat memiliki golongan darah di antara 4 golongan itu?

Nah, golongan darah pada anak dipengaruhi oleh golongan darah orang tuanya. Penentuan kemungkinan golongan darah tersebut dapat diketahui melalu rumus persilangan. Simak ulasan tentang jenis golongan darah dan rumus persilangan golongan darah, yang dilansir dari Kumparan.com.

 

Jenis Golongan Darah

Baca Juga: Penjelasan 4 Komponen Penyusun Darah

Golongan darah dapat dikenali berdasarkan keberadaan antigen dan antibodi A dan B dalam darah. Karenanya, dikenallah 4 jenis golongan darah. Berikut penjelasannya dan simak juga tabelnya.

Antigen dan Antibodi pada Golongan Darah (Ruswanti )

Dari tabel tersebut, dapat disimpulkan sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X