Apa Yang Dimaksud Dengan Suksesi Ekologi?

- Rabu, 22 Juni 2022 | 01:00 WIB
Pengertian Suksesi Ekologi (foto:missouriplants)
Pengertian Suksesi Ekologi (foto:missouriplants)

Secara singkat suksesi ekologi adalah proses dimana campuran spesies dan habitat di suatu daerah berubah dari waktu ke waktu. Suksesi ekologi adalah konsep dasar dalam ekologi.

Apa itu Suksesi Ekologi

Suksesi ekologi adalah proses dimana lingkungan alami berubah antara  satu sama lain dari waktu ke waktu. Misalnya, ketika sebuah ladang pertanian ditinggalkan dan dibiarkan sendiri selama bertahun-tahun, secara bertahap menjadi padang rumput, kemudian beberapa semak tumbuh, dan akhirnya, pohon-pohon memenuhi ladang, menghasilkan hutan.

Memahami bagaimana suksesi terjadi dalam berbagai ekosistem dan jenis gangguan dalam rentang waktu dan apa saja yang berpengaruh pada pembentukan lingkungan tumbuhan dan hewan secara alami.

Misalnya, banyak komoditas alami telah beradaptasi dengan kerusakan yang terjadi secara berkala dari kebakaran hutan: Ini dapat membantu memelihara padang rumput atau sabana yang bergantung pada habitat terbuka dan siklus nutrisi yang mungkin terjadi akibat kebakaran.

Jenis-Jenis Suksesi Ekologi

Ada dua jenis suksesi ekologi utama yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.

Suksesi Primer

Suksesi primer terjadi ketika sebidang tanah baru dibuat atau dibuka untuk pertama kalinya. Ini bisa terjadi, misalnya, ketika lava mendingin dan menciptakan batuan baru, atau ketika gletser mundur dan memperlihatkan batuan tanpa tanah.

Selama suksesi primer, organisme alam seperti tumbuhan dan hewan harus mulai dari awal. Pertama, lumut mungkin menempel pada batu, dan beberapa tanaman kecil yang bisa hidup tanpa banyak tanah mungkin muncul. Ini dikenal sebagai "spesies pionir".

Secara bertahap, dekomposisi tanaman tersebut berkontribusi pada pembentukan tanah, dan semakin banyak tanaman yang lebih besar mulai menjajah daerah tersebut.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X