Piramida Ekologi: Pengertian, Jenis dan Contohnya

- Rabu, 22 Juni 2022 | 04:53 WIB
Piramida Ekologi
Piramida Ekologi

Apa itu Piramida Ekologi?

Menurut G.Evylen Hutchinson dan Raymond Lindeman Piramida Ekologi merupakan representasi grafis dari hubungan antara spesies hidup yang berbeda pada tingkat trofik. Piramida ekologi adalah representasi grafis atau diagram yang menunjukkan hubungan antara organisme pada tingkat trofik yang berbeda dalam rantai makanan.

Beberapa istilah yang terkait dengan ekologi dan piramida ekologi adalah :

1. Tingkat Trofik

Posisi yang ditempati oleh suatu organisme (dalam rantai makanan) atau sekelompok organisme serupa (dalam piramida ekologi) disebut tingkat trofik. Trofi secara harfiah berarti 'makan", maka tingkat trofik adalah posisi berurutan organisme berdasarkan makan mereka.

Tingkat trofik yang berbeda adalah sebagai berikut:

a. Produsen: Ini adalah konsumen utama yang mencakup tumbuhan dan autotrof lainnya.
b. Konsumen: Ini adalah organisme heterotrof. Organisme ini selanjutnya dapat diklasifikasikan sebagai konsumen primer (herbivora), konsumen sekunder (karnivora), dan konsumen tersier (karnivora atas) tergantung pada ukuran rantai makanan dalam suatu ekosistem.

Dalam rantai makanan detritus, pengurai merupakan tingkat trofik sekunder atau tersier.

Kadang-kadang spesies tertentu dapat menempati lebih dari satu tingkat trofik dalam ekosistem yang sama pada waktu yang sama. Misalnya, burung pipit menjadi konsumen primer ketika memakan biji-bijian dan buah-buahan dan menjadi konsumen sekunder ketika memakan serangga dan cacing.

2. Rantai makanan

Ini mewakili transfer energi melalui rangkaian organisme dalam suatu komunitas. Ini adalah urutan makan dan dimakan pada tingkat trofik yang berurutan.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X