Mengenal Energi Listrik: Definisi Hingga Contohnya

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:08 WIB
Ilustrasi energi listrik
Ilustrasi energi listrik

Energi listrik adalah salah satu energi yang diciptakan melalui aliran listrik. Secara umum, energi listrik di definisikan sebagai sebuah energi utama yang diperlukan oleh peralatan listrik agar bisa menyalakan beberapa alat lainnya hingga difungsikan sebagaimana mestinya.

Energi listrik juga diartikan sebagai energi yang asalnya dari muatan listrik hingga bisa menghasilkan medan listrik yang baik.

Energi listrik tersimpan dalam bentuk arus dan tegangan listrik yang nantinya dipindahkan dan dapat diubah sebagai bentuk energi lainnya dan bisa diubah menjadi listrik.

Pada zaman dahulu, energi listrik ditemukan oleh beberapa penemu hebat seperti Thomas Alva Edison.

Baca Juga: Mengenal Sumber Energi dan Kegunaannya

Pada tahun 1879, Thomas Alva Edison menemukan bola lampu yang memiliki energi listrik. Berdasarkan penemuannya itu, bola lampu menjadi salah satu benda yang paling penting di bumi ini untuk menerangkan ruangan.

Tidak hanya Thomas Alva Edison, sebelumnya pada tahun 1752, Benyamin Franklin melakukan sebuah percobaan untuk menerbangkan layang-layang saat ada badai. Benyakin Franklin mengikat sebuah kunci logam ke sebuah tali layang-layang untuk menghantarkan listrik.

Dari percobaannya itu, ditemukan jika petir adalah sebuah listrik. Listrik yang berasal dari awan badai dapat dikirimkan ke layang-layang kemudian bisa mengalir ke tali hingga membuatnya sangat terkejut kala itu.

Kemudian ada Michael Faraday pada tahun 1831 yang menciptakan sebuah dinamo listrik. Dinamo listrik itu dapat menghasilkan arus listrik secara berkelanjutan dengan bentuk yang praktis. Benda ini juga sangat bermanfaat sebagai salah satu komponen mesin suatu alat tertentu hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X