Contoh Perubahan Dan Bahan Penghantar Energi Listrik

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:10 WIB
Ilustrasi energi listrik
Ilustrasi energi listrik

Energi listrik adalah salah satu energi yang diciptakan melalui aliran listrik. Secara umum, energi listrik di definisikan sebagai sebuah energi utama yang diperlukan oleh peralatan listrik agar bisa menyalakan beberapa alat lainnya hingga difungsikan sebagaimana mestinya.

Energi listrik juga diartikan sebagai energi yang asalnya dari muatan listrik hingga bisa menghasilkan medan listrik yang baik.

Energi listrik tersimpan dalam bentuk arus dan tegangan listrik yang nantinya dipindahkan dan dapat diubah sebagai bentuk energi lainnya dan bisa diubah menjadi listrik.

Terdapat beberapa bahan penghantar listrik yang bisa menghantarkan aliran listrik ke benda lain. Beberapa benda tersebut biasanya memiliki banyak bentuk mulai dari benda padat, cair, hingga gas.

Baca Juga: Mengenal Energi Listrik: Definisi Hingga Contohnya

Fungsinya bahan penghantar listrik tersebut untuk mengalirkan dan mendistribukan listrik dari satu titik ke titik lainnya.

Bahan penghantar listrik biasanya juga hampir sama dengan benda-benda yang masuk dalam kategori konduktor. Berikut beberapa contoh konduktor listrik atau beberapa benda yang bsia menghantarkan aliran listrik, antara lain.

  1. Tembaga

Tembaga merupakan salah satu benda yang dapat menghantarkan aliran listri. Misalnya pemakaian tembaga sebagai penggunaan kawat tembaga yang ada dalam kabel.

  1. Alumunium

Alumunium juga salah satu benda yang digunakan sebagai bahan penghantar listik, misalnya apda oven atau pemanggang kue atau makanan. Hal itu berguna untuk mematangkan kue atau makanan yang sedang dimasak secara merata.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X