Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang Siap Raih Akreditasi Internasional

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:33 WIB
Mahasiswa PNP sedang mengikuti perkuliahan. Dok pnp.ac.id
Mahasiswa PNP sedang mengikuti perkuliahan. Dok pnp.ac.id

HARIANHALUAN - Indikator Kinerja Utama (IKU) Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang (PNP) selama 2021 secara umum tercapai, beberapa IKU bahkan telah melampaui target seperti jumlah dosen yang memiliki sertifikat kompetensi dan melaksanakan tridharma di kampus lain.

Satu-satunya Jurusan dengan Prodi D3-nya berprediket “Unggul” ini tengah berbenah agar jumlah mahasiswanya mampu menghabiskan minimal 20 SKS di luar kampus (seperti riset, proyek, pertukaran mahasiswa, magang industri, bangun desa) dan mendapatkan akreditasi/sertifikasi prodi internasional.

Baca Juga: Inspektorat Bahas 4 Rekomendasi Usulan WBK Politeknik Negeri Padang Tahun 2021

Kepada Tim Zone Integritas-PNP, Ketua Jurusan Akuntansi Dr. Amy Fontanella, SE., M.Si., Ak.CA. melaporkan, target kinerja yang belum tercapai pada 2021 tersebut terkait dengan akreditasi internasional, mahasiswa yang memperoleh minimal 20 SKS di luar kampus, dan jumlah mata kuliah yang menerapkan Challenge Based Learning (CBL) dan Problem Based Learning (PBL) sebagai bagian bobot penilaian.

"Mulai 2022 ini, dilakukan persiapan terkait akreditasi internasional tersebut" tekadnya.

Baca Juga: Politeknik Raflesia Desak MoU dengan PNP Segera Direalisasikan

Fontanella juga menilai, penerapan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di jurusannya terkendala oleh regulasi yang memayungi dan konsep yang belum matang. Oleh karenanya pada 2022 ini dilakukan serangkaian program kegiatan untuk mendukung implementasi MBKM tersebut, mulai dari pematangan konsep, implementasi dan evaluasi.

Selanjutnya ia mengakui dan merinci, persentase lulusan yang berhasil mendapat pekerjaan; melanjutkan studi; atau menjadi wiraswasta mencapai 53 persen dari 55 persen yang ditargetkan.

Persentase lulusan yang menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) SKS di luar kampus atau meraih prestasi paling rendah tingkat nasional cuma mencapai 4 persen dari 10 persen yang ditargetkan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X