Pesawat Sederhana: Pengertian, Jenis, dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-Hari

- Senin, 27 Juni 2022 | 20:43 WIB
Gunting (ilustrasi pesawat sederhana) (Karoline Bagowski)
Gunting (ilustrasi pesawat sederhana) (Karoline Bagowski)

Apakah kamu mengenal sosok Archimedes? Archimedes merupakan salah satu ahli fisika dan matematika yang terkenal sejak 200an tahun sebelum masehi. Selain hukum Archimedes yang terkenal dengan sorakan 'Eureka!', beliau juga mengemukakan tentang pesawat sederhana.

Secara singkat, pesawat sederhana merupakan salah satu aplikasi ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah gunting. Gunting merupakan salah satu alat mekanik yang membantu manusia untuk mengerjakan tugas sehari-hari, tepatnya memotong. Bahkan, pada gerak tubuh manusia menggunakan prinsip fisika, loh.

Apakah kamu sudah mulai tertarik dengan materi ini? Untuk penjelasan lebih lanjut, simak penjelasan berbagai hal tentang pesawat sederhana berikut ini.

Pengertian Pesawat Sederhana
Kita akan membedah kata pesawat sederhana menjadi 2. Kata pertama adalah pesawat. Dalam ilmu fisika, pesawat merupakan semua alat yang dapat membantu pekerjaan manusia. Sedangkan, kata sederhana menurut KBBI artinya adalah sedang, bersahaja, dan tidak berlebih-lebihan.

Kata pesawat dalam ilmu fisika tidak merujuk pada kendaraan  terbang di angkasa berkat bantuan mesin. Pesawat sederhana sendiri berarti alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan manusia dan susunannya sederhana.
Pengertian Pesawat Sederhana Menurut Para Ahli

Melansir dari Infomase.com, berikut beberapa penjelasan tentang pesawat sederhana menurut para ahli.

1. Archimedes
"Pesawat sederhana sebagai alat mekanik yang dapat memindahkan suatu benda. Pesawat sederhana terbagi menjadi 3 jenis, yaitu pengungkit, katrol dan sekrup."

Baca Juga: Hukum Archimedes dan Penerapannya
2. Galileo Galilei
"Pesawat sederhana merupakan alat-alat yang tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan energi tetapi hanya mengubahnya saja."
3. Heron of Alexandria
"Pesawat sederhana terdiri dari 5 alat, yaitu katrol, pengungkit, kerekan, sekrup dan baji."
4. Jordan Hanania, dkk.
"Pesawat sederhana adalah alat-alat yang dapat melakukan perubahan terhadap gaya. Sejumlah alat tersebut menjadi dasar untuk membuat jenis alat lainnya."
5. James Brennan
"Pesawat sederhana adalah alat bantu yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan ataupun menurunkan besarnya gaya."
Jenis-Jenis Pesawat Sederhana
Dari penjelasan di atas mengenai pesawat sederhana, kita mengetahui bahwa alat ini memiliki beberapa jenis. Melansir dari Tirto.id, berikut penjelasan 4 jenis pesawat sederhana beserta contohnya.
1. Tuas

Jungkat-jungkit (DS Stories)

Tuas atau pengungkit adalah alat yang dipakai untuk membantu memudahkan pekerjaan, seperti memindahkan benda berat. Alat bantu ini dapat berupa batang kayu, bambu, atau besi. Prinsip kerja dari tuas ada 3 titik, yaitu titik tumpu, titik beban, dan titik kuasa. Titik tumpu dapat berupa batu atau benda keras lainnya. Satu penumpu harus diletakkan di antara dua ujung batang tuas, sehingga alat pengungkit dapat memudahkan pekerjaaan memindahkan benda.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Tirto.id, Infomase.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X