Pelayanan Kekinian, Politeknik Negeri Padang Ciptakan Inovasi Nagari Digital

- Kamis, 30 Juni 2022 | 09:31 WIB
Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom. dan Dewan Penyantun, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S.
Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom. dan Dewan Penyantun, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S.

HARIANHALUAN - Mengingat 12 ribu desa atau kelurahan di Indonesia yang belum mendapatkan akses internet 4G dan mendukung usaha pemerintah yang tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital, Politeknik Negeri Padang (PNP) menciptakan inovasi nagari digital sebagai bentuk pelayanan kekinian Politeknik Negeri Padang untuk nagari yang ada di Sumatera Barat (Sumbar) yang dimotori oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakatnya.

Hal itu diungkapkan Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom. dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Sinergi Program Kegiatan Nagari Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat antara Politeknik Negeri Padang dan Nagari yang ada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar yang berlangsung di Kampus Oranye, Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: PKM Dosen Politeknik ATI Padang Berikan Mesin Pengurai Sabut Kelapa untuk Hasilkan Aneka Produk

Di hadapan Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom. dan Dewan Penyantun, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, M.S., ia menjelaskan kesenjangan antara kawasan perkotaan dan perdesaan masih berlangsung hingga saat ini.

"Itu ditunjukkan oleh rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat desa, tertinggalnya pembangunan kawasan perdesaan dibanding dengan perkotaan, dan tingginya ketergantungan kawasan perdesaan terhadap kawasan perkotaan. Di samping itu, kesenjangan yang terjadi antarkota dan desa juga terjadi dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Inilah yang menjadi latar belakang lahirnya inovasi nagari digital," terangnya.

Baca Juga: 31 Dosen Politeknik Negeri Padang Miliki Sertifikasi Kompetensi

Yuhefizar yang diakrabi Ephie menekankan, nagari digital merupakan konsep program yang menerapkan sistem pelayanan pemerintahan, pelayanan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat berbasis pemanfaatan teknologi informasi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi nagari, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan publik. Pelayanan publik akan bersifat digital dengan terkoneksi melalui jaringan internet ataupun intranet. Nagari digital menurut Ephie mencakup website resmi nagari, sistem informasi nagari, toko online nagari, digitalisasi administrasi nagari, digitalisasi pemetaan nagari, statistik nagari, pelayanan online nagari, informasi keuangan nagari, database perantau, absensi karyawan, dan lainnya.

Website nagari berisi menu tentang nagari, aparatur nagari, data wilayah, kontak nagari, arsip artikel, galeri foto, lapak nagari, peta Nagari, dan info bangun nagari. Sistem informasi nagari berisi menu siaga Covid-19, home, info nagari, kependudukan, statistik, layanan surat, sekretariat, buku administrasi nagari, keuangan, dan analisis. Toko Nagari adalah wadah untuk menginformasikan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di nagari, sarana untuk promosi dan membantu memajukan pemasaran produk UMKM nagari dengan pangsa pasar global, serta membantu meningkatkan kesejehateraan UMKM nagari.

Digitalisasi Administrasi Nagari berisikan menu bukunperaturan nagari, buku keputusan wali nagari, buku inventaris dan kekayaan nagari, buku aparat pemerintah nagari, buku tanah kas nagari, buku tanah di nagari, buku agenda surat keluar dan surat masuk, buku ekspedisi, buku lembaran desa dan berita nagari. Statistik nagari mencakup statistik kependudukan, statistik penduduk, umur, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, agama, jenis kelamin, hubungan keluarga, warga negar, status penduduk, golongan darah, dan penyandang cacat.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X