Jenis-Jenis Daun Beserta Contoh Tanamannya

- Selasa, 5 Juli 2022 | 20:41 WIB
Daun mangga
Daun mangga


Tumbuhan memiliki beberapa organ tubuh inti, yaitu akar, batang, dan daun. Jadi, identifikasi awal dari dapat dilihat dari ketiga organ tersebut. Kali ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis daun berdasarkan bentuknya. Simak artikel berikut ini.
Sebelum membahas tentang berbagai jenis daun, apa itu daun? Daun merupakan salah satu organ pokok dari tumbuhan yang terletak pada tangkai batang, umumnya tipis dan melebar dan kaya akan unsur dan zat klorofil, oleh sebab itulah daun umumnya memiliki warna hijau. Sesuai dari bentuk daun yang berbentuk tipis dan melebar, warna yang hijau dan terletak pada batang serta menghadap ke atas dan itu selaras dengan berbagai fungsinya.
Daun memiliki beberapa fungsi, antara lain:
1. Alat Bantu Reproduksi Vegetatif
Daun berfungsi untuk membantu jalannya proses terjadinya proses reproduksi alat bantu reproduksi vegetatif.
2. Posisi Pembentukan
Daun berfungsi sebagai posisi terjadinya pembentukan dalam proses pertumbuhan.
3. Alat Pernapasan
Daun berfungsi sebagai alat pernafasan, selain dari dua fungsi diatas. Sama halnya dengan manusia tumbuhan juga memiliki alat untu dapat bernafas melanjutkan kehidupan.
4. Proses Mutasi
Mutasi merupakan salah satu proses dalam proses pertumbuhan yang merupakan fungsi dari daun tumbuhan.
Struktur Daun
Sebelum kita masuk pembahasan tentang berbagai jenis daun, kita harus mengetahui struktur daun secara umum. Alasannya adalah struktur daun ini yang akan menjadi pembeda antartumbuhan. Berikut bagian dari daun melansir dari Dosenpintar.com.
1. Struktur Bagian Luar Daun
Struktur dari daun bagian dalam ini terbagi menjadi beberapa poin yaitu.
1. Pelepah daun
2. Tangkai daun
3. Lamina atau helai daun
2. Struktur Bagian Dalam Daun
Berikut merupakan susunan bagian dalam dari daun pada tumbuhan, antara lain.
1. Epidermis
2. Jaringan Mesofil
3. Pembuluh Angkut
4. Stomata

Baca Juga: 111 Kumpulan Kosakata Nama Bunga (Flower) dalam Bahasa Inggris
Jenis-Jenis Daun
Beberapa tumbuhan memiliki bentuk daun yang sama dan berbeda. Cara mengidentifikasi jenis daun salah satunya dengan belajar struktur daun pada pembahasan sebelumnya. Nah, sekarang kita masuk ke penjelasan tentang jenis-jenis daun.
1. Daun Melengkung

Daun sirih merah (ilustrasi daun melengkung)

Daun melengkung adalah jenis daun dengan memiliki tulang daun yang berbentuk seperti garis-garis yang melengkung. Contoh tumbuhan dengan jenis daun ini, seperti daun gadung, daun sirih, dan daun genjer.
2. Daun Menyirip

Daun mangga (ilustrasi daun menyirip)

Daun menyirip adalah daun dengan bentuk berbentuk tulang yang berbulu seperti pada barisan para ikan. Bentuk daun ini adalah jenis paling populer dan mudah digambar. Struktur luar dari daun ini berbulu yang teratur dengan baik dari batang hingga ke ujung ekstremitas. Contoh tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyirip, yaitu mangga kuweni, buah-buahan berbentuk bintang, daun durian, daun jambu biji, daun kacang mede, daun jambu biji, daun mangga, dan daun rambutan.
3. Daun Berduri

Daun konifer (ilustrasi daun berduri)

Daun berduri memiliki bentuk seperti jarum atau duri. Daun duri ini termasuk ke dalam jenis spesies tanaman konifer yang tidak sama seperti pinus, pohon cemara, pohon laurel, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tanaman Pelindung Cemara CSR PLN di Kawasan Pantai Binasi Kota Pariaman Tumbuh Subur
4. Daun Sejajar

Daun palem (ilustrasi daun sejajar)

Daun sejajar juga mempunyai sebutan lain yaitu daun paralel. Daun paralel adalah daun yang mempunyai bentuk tulang dalam dengan garis paralel. Di setiap bagian ujung tulang dari daun paralel ini menyatu. Daun ini dapat ditemukan pada tanaman jagung, rerumputan, daun tebu, daun padi, dan daun kelapa.

Baca Juga: Mengenal Perkembangbiakan Berbagai Jenis Tumbuhan
5. Daun Menjari

Daun singkong (ilustrasi daun menjari)

Tanaman yang berdaun menjari ini memiliki bentuk daun dengan ukuran tulang daun yang besar dan juga bentuk jari-jari tangan, ada juga yang mirip dengan bentuk tangan manusia. Jenis daun ini dapat ditemukan pada tumbuhan singkong, pepaya, kapas dan lain sebagainya.
Dari artikel di atas, jenis daun berdasarkan bentuknya ada 5. Berbagai jenis bentuk daun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Cara membedakan masing-masing daun dengan melihat struktur luar seperti yang dijelaskan sebelumnya. 

Editor: Ruswanti

Sumber: Dosenpintar.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cerita Dongeng Anak yang Memuat Nilai Moral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:56 WIB

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB
X