Akar: Fungsi, Struktur, dan Jenis Pada Tumbuhan

- Kamis, 7 Juli 2022 | 21:26 WIB
Ilustrasi akar
Ilustrasi akar


Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang memiliki 3 organ utama, yaitu akar, batang, dan daun. Setiap bagian memiliki struktur dan fungsi masing-masing. Nah, kali ini kita akan membahas tentang akar melansir dari Katadata.com.
Apa itu Akar Tumbuhan?
Akar memiliki nama Latin radix dan dalam bahasa Inggris disebut root. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, akar diartikan sebagai organ tumbuhan yang tertanam di dalam tanah. Akar juga dapat didefinisikan sebagai organ yang bertugas untuk menyerap air dan nutrien dari tanah.
Berdasarkan perkembangannya, akar berasal dari radikula atau akar lembaga yang merupakan cikal bakal dari akar. Radikula berasal dari biji yang menghasilkan akar dan bagian ini nantinya berkembang menjadi akar utama. Sedangkan, dilihat dari evolusinya, akar merupakan pengganti rhizoid dari kelompok lumut-lumutan.
Akar merupakan bagian bawah sumbu tanaman yang paling dahulu berkembang. Organ ini bergerak ke bawah tanah (geotrop). Sehingga, pada umumnya letak akar di bawah permukaan tanah. Namun, beberapa tumbuhan memiliki modifikasi akar sehingga tumbuh ke atas.
Ciri khas dari akar berwarna tidak hijau. Tapi juga bergantung pada bentuk dan jenisnya. Akar umumnya bewarna kecokelatan sampai keputih-putihan.

Baca Juga: Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya
Karakteristik Akar
Jika diklasifikasikan kembali, akar pun memiliki sifat atau karakteristik tersendiri.
Di samping batang dan daun, akar termasuk bagian pokok tumbuhan. Akar mejadi organ utama untuk tumbuhan. Sebab, bagian ini berperan untuk memasok air dan meyerap zat makanan di dalam tanah.
1. Akar umumnya bergerak mengarah ke bawah tanah (geotropic). Akar pun bisa mendekat ke sumber air (hydrotropic) dan menjauhi cahaya (phototropic).
2. Akar memiliki rambut-rambut. Bagian ini bersifat uniseluler.
3. Akar tumbuhan tidak memiliki tunas, nodus, dan internodus.
4. Pertumbuhan akar secara vertikal dan horizontal yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan media tanam.
5. Bentuk akar tidak beruas dan berbuku-buku. Ujung akar akan terus berkembang, biasanya semakin runcing. Hal ini akan memudahkannya saat menembus tanah.
Fungsi Akar
Berikut fungsi akar secara umum pada tumbuhan.
1. Menyerap air dari dalam tanah dan dialirkan ke seluruh tubuh.
2. Membuat tumbuhan berdiri kokoh.
3. Menyerap air dalam skala besar, sehingga bisa mencegah banjir.
4. Selain itu akar yang besar, kuat, dan panjang, akan mengikat tanah dengan kuat. Hal ini bisa mencegah pergeseran tanah maupun longsor.
Struktur Akar
Struktur Akar Secara Melintang

Struktur akar secara melintang

Bagian akar saat dipotong secara melintang akan menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan primer akar. Bagian ini terdiri dari 3 zona, yaitu zona pembelahan sel, zona pemanjangan, dan zona diferensiasi.
Struktur akar dipotong umumnya terdiri dari tiga bagian utama. Di antara yaitu tudung akar, inti akar, dan rambut akar. Meski demikian masih ada beberapa bagian akar yang memiliki fungsi dan peranan penting lainnya. Berikut penjelasan masing-masing bagian.
1. Tudung akar (root cap). Bagian ini berfungsi sebagai pelindung saat ujung akar masuk ke dalam tanah.
2. Inti akar. Berada di pusat akar. Fungsinya sebagai pengangkut air dari akar ke daun, serta penyebar fotosintetis dari daun ke bagian lainnya. Bagian ini akan tampak jelas di potongan membujur.
3. Rambut akar. Bagian yang berfungsi sebagai perluasan untuk menyerap air dan zat makanan di dalam tanah.
4. Batang akar. Letaknya berada di antara pangkal dan ujung akar.
5. Ujung akar. Bagian ini akan terus tumbuh dan menjadi pengikat tumbuhan agar tetap kokoh berdiri.

Baca Juga: Daun: Definisi, Struktur, dan Fungsi pada Tumbuhan
Struktur Akar Secara Membujur

struktur akar secara melintang

Saat kita memotong di bagian zona diferensiasi, struktur akar membujur akan terbagi menjadi beberapa jaringan, antara lain:
1. Jaringan epidermis. Lapisan pertama pada akar yang merupakan deretan sel rapat. Jaringan ini berfungsi sebagai susunan pelindung.
2. Jaringan korteks. Jaringan ini memiliki susunan yang lebih tebal dan tersusun dari sel parenkim.
3. Jaringan endodermis. Jaringan ini melindungi pembuluh vaskular.
4. Pembuluh vaskular yang terdiri dari xylem dan floem. Xylem untuk mengangkut air dan nutrien dari akar ke seluruh tubuh. Pembuluh floem untuk membawa hasil fotosintesis dari daun ke akar.

Editor: Ruswanti

Sumber: katadata.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X