Mengenal Jaringan Hewan Beserta Fungsinya

- Rabu, 13 Juli 2022 | 14:09 WIB
Jaringan Hewan Beserta Fungsinya
Jaringan Hewan Beserta Fungsinya

Tubuh hewan disusun atas banyak sel yang memiliki bentuk serta fungsi yang berbeda-beda. Sel-sel yang berkelompok dan memiliki bentuk serta fungsi yang sama dalam tubuh disebut sebagai jaringan hewan.

Jaringan Tubuh Hewan

Jaringan tubuh atau biasa disebut somatis ialah jaringan yang terdapat pada tubuh hewan sepanjang hidupnya. Jaringan ini dibagi menjadi 4 jaringan utama, antara lain:

1. Jaringan Epitel

Ialah jaringan yang memiliki fungsi sebagai pelapis organ dan rongga tubuh bagian luar hewan. Jaringan ini terdapat di permukaan tubuh hewan yang membatasi organ tubuh dengan lingkungan luarnya.

Secara umum jaringan ini dibagi menjadi beberapa bagian jaringan, antara lain:

  • Epitel pipih selapis: cirinya yaitu inti selnya berbentuk bulat di tengah, sitoplasma jaringannya sangat jernih, dan selnya tersusun sangat rapat.
  • Epitel pipih berlapis: jaringan ini terletak di kulit, rongga hidung, rongga mulut,epidermis, dan lain sebagainya. Berfungsi untuk melindungi dari pengaruh luar dan penghasil mukus.
  • Epitel batang selapis: jaringan ini berfungsi dalam proses sekresi, penyerapan, penghasil mukus dan lain sebagainya.
  • Epitel batang berlapis: tersusun dari banyak lapisan sel berbentuk batang. Berfungsi sebagai pelindung, penghasil mukus, dan lain sebagainya.
  • Epitel kubus selapis: berfungsi sebagai lapisan pelindung, tempat penyerapan zat, penghasil mukus atau sekresi.
  • Epitel kubus berlapis: selain berfungsi sebagai pelindung dan penghasil mukus, juga melindungi dari gesekan.
  • Epitel transisi: berfungsi sebagai penahan regangan dan tekanan dengan ciri sel penyusunnya bisa berubah bentuk dan berlapis-lapis.

2. Jaringan Ikat

Jaringan ini merupakan jaringan yang berkembang dari mesenkim yang berasal dari lapisan tengah embrio. Merupakan penyokong utama dari tubuh hewan dan manusia sehingga sering disebut jaringan penyokong atau penyambung.

Secara umum jaringan ini dibagi menjadi beberapa 3 bagian jaringan, antara lain:

  • Jaringan ikat sebenarnya: jaringan ini berada di seluruh bagian tubuh hewan dan berfungsi untuk menghubungkan berbagai organ serta mengisi ruang antarjaringan yang berdekatan.
  • Jaringan tulang atau rangka: jaringan ini berfungsi sebagai penyokong tubuh. Jaringan ini dilengkapi dengan rangka yang kaku untuk menjalankan fungsinya.
  • Jaringan darah dan limfa: jaringan ini disusun oleh sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan keping-keping darah yang berada dalam cairan yang disebut plasma. Sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen ke berbagai jaringan, sel darah putih berfungsi untuk membunuh bibit penyakit, dan keping darah berfungsi untuk pembekuan darah.

3. Jaringan Otot

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

X