Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka: Unsur Intrinsik, Majas, Kalimat, Teks Fiksi dan Nonfiksi

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:29 WIB
Ilustrasi, memahami Bahasa Indonesia Kelas 5 SD mencakup unsur intrinsik cerita, majas metafora, personifikasi, dan hiperbola, kalimat langsung dan tidak langsung, teks fiksi dan nonfiksi
Ilustrasi, memahami Bahasa Indonesia Kelas 5 SD mencakup unsur intrinsik cerita, majas metafora, personifikasi, dan hiperbola, kalimat langsung dan tidak langsung, teks fiksi dan nonfiksi

Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 2 Kurikulum Merdeka, siswa diarahkan mengenal unsur intrinsik cerita, majas metafora, personifikasi, dan hiperbola, kalimat langsung dan tidak langsung serta teks fiksi dan nonfiksi.

Siswa juga diarahkan untuk membedakan antara kalimat langsung dan tidak langsung serta buku fiksi dan nonfiksi di Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 2 Kurikulum Merdeka.

Mula-mula, siswa akan diperlihatkan kegiatan pembuka lalu pertanyaan: Apa yang terlihat dari jendela kelas siswa?

Siswa diminta mendiskusikan apa maksud dari Buku Jendela Dunia, memperhatikan gambar pada judul Bab 2 Buku Jendela Dunia, lalu pertanyaan: Apa saja isi buku yang dapat siswa lihat? Apa makna gambar-gambar tersebut?

Kemudian, siswa diminta memperhatikan jenis buku di buku teks, informasi apa yang dapat dilihat dari sampul bukunya? Apa yang siswa bayangkan tentang isi buku tersebut?

Siswa diminta membaca teks dengan saksama yang  berjudul "Kelinci Kecil dan Burung Pipit" karya Desri M. Putri. Kemudian, menjawab soal di bawahnya seperti isi cerita, tokoh cerita, latar cerita, waktu cerita berlangsung, dan masalah yang terjadi.

Identifikasi Unsur Cerita

Setiap cerita memiliki bagian penting yang membentuk cerita tersebut. Bagian-bagian ini disebut unsur intrinsik cerita:

Tema = tentang apa cerita tersebut

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X