Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca Beserta Dampak dan Cara Menanggulanginya

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:26 WIB
Efek Rumah Kaca (Pemanasan Global) (Ruswanti )
Efek Rumah Kaca (Pemanasan Global) (Ruswanti )

Apa itu efek rumah kaca? Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (AS), efek rumah kaca adalah proses meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat menipisnya lapisan atmosfer bumi, bahkan bisa berdampak pada kebocoran. 

Akibatnya, cuaca di bumi makin panas karena sinar matahari tidak lagi dilindungi oleh lapisan atmosfer. Makanya, tidak heran jika cuaca di bumi tidak seperti biasanya.

Lalu, bagaimana proses terjadinya efek rumah kaca? Yuk, simak ulasannya, yang dilengkapi dengan penjelasan dampak efek rumah kaca dan cara mengatasinya, yang dilansir dari Gramedia.com!

 

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Baca Juga: Pengertian dan Penyebab Efek Rumah Kaca

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca (Ruswanti )

Efek rumah kaca terjadi dalam rumah kaca untuk budi daya, percobaan tanaman, dan bangunan kaca lainnya. Sebagian panas matahari yang masuk melalui atap kaca dipantulkan keluar atmosfer; sebagian lain terperangkap di dalamnya sehingga suhu naik. 

Saat proses terjadinya efek rumah kaca berlangsung, gas kaca keluar dan partikelnya naik hingga lapisan troposfer, lalu membentuk lapisan yang menyelimuti bumi. Gas itu berupa karbon dioksida, metana, nitrogen dioksida, dan beberapa gas lain. 

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X