Gaya Lorentz: Pengertian, Rumus, dan Arah Gaya yang Harus Diketahui

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:52 WIB
Pengertian, Rumus dan Arah pada Gaya Lorentz
Pengertian, Rumus dan Arah pada Gaya Lorentz

Harian Haluan - Gaya lorentz merupakan sebuah energi yang ditemukan pada kawat yang dialiri oleh aliran listrik di dalamnya. Gaya lorentz ini dapat ditemukan pada kawat yang berarus ataupun kawat sejajar. Dimana, adanya aliran listrik tersebut dapat memengaruhi benda yang ada di sekitarnya, seperti sebuah magnet.

Sama seperti namanya, gaya lorentz ditemukan oleh seorang ahli fisika yang bernama Hendrik Antoon Lorentz. Nah, melalui rumus gaya lorentz inilah bisa diketahui konsep gabungan antara gaya magnetik dengan gaya elektrik. Untuk lebih mudah memahami seputar gaya lorentz tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Gaya Lorentz

Gaya lorentz dapat timbul akibat adanya kawat penghantar lurus yang memiliki arus listrik. Nah, arus listrik di dalam kawat lurus ini memotong medan magnetik di dalam kawat. Sehingga, dapat dikatakan gaya lorentz timbul akibat muatan listrik atau medan listrik bergerak dalam suatu medan magnetik

Penggunaan konsep dari gaya lorentz ini ternyata banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari lho! Selain itu, gaya lorentz juga dapat dilihat pada motor listrik yang memiliki sebuah kumparan kawat dan magnet tetap di dalamnya. Nah, motor listrik tersebut bisa bergerak karena gaya lorentz yang terjadi pada kumparan kawat penghantar arus listrik tersebut.

Arah Gaya Lorentz

Misalkan terdapat suatu benda konduktor atau kawat diletakan pada dua medan magnet berdampingan. Kemudian, magnet tersebut memiliki dua kutub yang berbeda, yaitu kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Apabila kawat tersebut diberi arus listrik, maka pada kawat akan timbul gaya lorentz yang bisa menggerakkan atau membengkokkan kawat tersebut.

Nah, arah gerak atau arah bengkoknya kawat tersebut akan mengikuti arah gaya lorentz-nya. Perlu diketahui kalau konsep gaya lorentz tidak menimbulkan arah acak. Akan tetapi, memiliki pola dan arah yang tegak lurus dari arah medan magnetik (B) dan kuat arus listrik (l) tersebut. Sehingga, arah gaya lorentz yang timbul akan sejalur dengan arah medan magnetnya.

Rumus Gaya Lorentz

  1. Rumus Gaya Lorentz pada Kawat Berarus

Besar gaya magnetik atau gaya lorentz pada kawat berarus dapat dituliskan seperti persamaan di bawah ini, yaitu:

Rumus:

FL = B.i.l.sin θ

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB

4 Cerita Dongeng Pendek tentang Hewan (Fabel)

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:12 WIB

Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB
X