Pengertian Induksi Elektromagnetik Beserta Faktor dan Contoh Penerapannya

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 14:06 WIB
Pengertian Induksi Elektromagnetik
Pengertian Induksi Elektromagnetik

Harian Haluan - Induksi elektromagnetik merupakan suatu peristiwa munculnya arus listrik yang disebabkan adanya perubahan fluks magnet. Nah, fluks magnet sendiri ialah banyaknya jumlah garis gaya pada magnet hingga mampu menembus bidangnya. Sehingga, muncullah gaya listrik atau arus listrik yang mengalir ke suatu benda melalui medan magnet tersebut.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Induksi Elektromagnetik

Nah, untuk mengetahui ada tidaknya suatu arus listrik yang mengalir, dapat diketahui dengan menggunakan sebuah alat bernama galvanometer. Adanya arus yang mengalir dinamakan arus induksi dan kondisi inilah yang disebut dengan induksi elektromagnetik. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi besarnya Gerak Gaya Listrik (GGL) elektromagnetik, di antaranya:

  1. Laju Perubahan Medan Magnet

Laju atau perubahan kecepatan pada medan magnet merupakan faktor pertama yang memengaruhi induksi elektromagnetik ini. Nah, induksi yang muncul akan semakin besar jika didukung dengan kecepatan perubahan magnet yang semakin cepat pula. Anda harus memahaminya dengan benar, agar tak salah mengartikan kemunculan GGL induksi magnet.

  1. Banyaknya Jumlah Lilitan

Ternyata, jumlah lilitan juga berpengaruh pada adanya induksi elektromagnetik. Terutama bila lilitan tersebut ada dalam jumlah yang banyak. Makin banyak lilitan yang muncul, maka GGL induksi yang dihasilkan juga menjadi terus bertambah dan makin besar. Begitupun sebaliknya, bila lilitan yang ada jumlahnya sedikit, maka induksi yang dihasilkan juga sedikit.

  1. Kekuatan Medan Magnet

Kekuatan atau daya kemagnetan juga memiliki dampak yang sangat besar terhadap munculnya gaya gerak listrik. Makin kuat sifat kemagnetan yang timbul, maka makin besar pula gaya yang muncul akibat sifat kemagnetan tersebut. Begitu pula sebaliknya, bila sifat kemagnetan yang muncul kecil maka medan magnet yang ditimbulkan juga akan kecil.

Penerapan Induksi Elektromagnetik di Kehidupan Sehari-hari

Nah, karena sangat berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari, maka bukan hal yang sulit lagi untuk memanfaatkan induksi elektromagnetik ini. Terutama digunakan ke dalam peralatan kehidupan manusia sehari-hari. Nah, berikut ada beberapa peralatan yang memanfaatkan prinsip dari induksi elektromagnetik ini, di antaranya yaitu:

  1. Bel Listrik

Bel listrik memanfaatkan kinerja magnet sebagai alat utama dalam penggunaannya. Pada saat tombol dari bel listrik ditekan, maka rangkaian arus tertutup akan mengalir ke kumparan magnet. Dengan begitu, membuat besi yang ada di dalam bel berubah menjadi induksi elektromagnetik yang fungsinya menggerakkan lengan pemukul, sehingga bel dapat berdering.

  1. Saklar

Tentunya, aliran listrik yang mengaliri di setiap rumah menggunakan saklar dalam proses penggunaannya. Nah, fungsinya yaitu sebagai penghubung dan pemutus arus listrik pada tiap rangkaiannya. Induksi elektromagnetik di saklar ada pada lilitan kawatnya. 

  1. Telepon Kabel

Nah, telepon kabel yang ada pada rumah juga menggunakan induksi elektromagnetik. Di sini, peristiwa induksi elektromagnetik terjadi dengan mengubah energi listrik menjadi energi bunyi yang dapat didengar. Saat muncul pembicaraan, maka listrik akan mengalir ke kabel telepon dan memunculkan efek elektromagnetik dengan kekuatan berubah-ubah di dalamnya.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB

4 Cerita Dongeng Pendek tentang Hewan (Fabel)

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:12 WIB

Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB
X