Pengertian Akuntansi & Fungsinya Dalam Sebuah Perusahaan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:12 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Harian Haluan -Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai mata pelajaran ekonomi yaitu Akuntansi. Kita pasti sering mendengar nama Akuntansi. Tapi banyak yang masih tidak tahu apa sebenarnya pengertian akuntansi yang sebenarnya dan apa sebenarnya fungsi atau tugas-tugasnya dalam sebuah perusahaan.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi sendiri merupakan sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan kepengurusan yang baik di dalam suatu perusahaan, lembaga, atau yang lainnya. Nah, setiap uang yang keluar dan masuk ke perusahaan haruslah jelas. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan mudah untuk mengetahui berapa omset yang diperolehnya.

Dari sinilah diperlukan yang namanya akuntansi keuangan atau seorang akuntan. Nantinya, mereka bertugas dalam menyajikan laporan kondisi terbaru perusahaan sebagai tolak ukur dalam pengambilan keputusan kedepannya. Sehingga, perusahaan tidak akan mengalami krisis keuangannya sendiri.

Fungsi Akuntansi Dalam Suatu Perusahaan

  1. Mengetahui Keuntungan ataupun Kerugian Perusahaan

Akuntansi berfungsi dalam melakukan pemeriksaan yang terkait dengan keuntungan ataupun kerugian dalam sebuah perusahaan. Dengan demikian, seorang akuntan haruslah bisa mengkalkulasi keduanya dengan tepat. Sehingga nantinya data terkait keuntungan dan kerugian tersebut bisa dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan kedepannya.

  1. Perencana Anggaran

Perencanaan anggaran perusahaan merupakan instrumen yang sangat penting dalam rangka untuk mencapai sasaran yang sudah direncanakan. Entah itu rencana periode untuk awal tahun lalu ataupun untuk transaksi mendatang. Dengan begitu, dana yang akan dialokasikan menjadi lebih jelas.

  1. Pembagian Keuntungan

Akuntansi juga membantu perusahaan dalam menetapkan hak bagi unsur perusahaan yang sudah ikut andil mengembangkannya. Nah, hak-hak ini telah mencakup semua unsur baik internal maupun eksternal perusahaan. Yang dimaksud hak di sini adalah hak mendapatkan laba pada rekan atau investor serta hak yang berhubungan dengan gaji bekerja.

  1. Monitoring & Controlling

Keberadaan akuntansi juga berperan penting dalam memonitor dan mengawasi segala aneka kegiatan. Baik kegiatan yang akan dilaksanakan maupun yang masih dalam tahap rencana. Tentunya, setiap transaksi di perusahaan harus dilakukan controlling guna menghilangkan potensi mendapatkan kerugian ke depannya.

  1. Membantu Dalam Mencapai Tujuan

Keberadaan akuntansi juga bisa menjadi bantuan bagi perusahaan saat ingin meraih tujuannya. Pastinya, sudah ada rencana kalau perusahaan akan merengkuh tujuan tersebut sebelumnya. Namun, keberadaan akuntansi juga membantu menciptakan langkah yang lebih terperinci demi menggapai targetnya.

Dari alasan itulah petugas akuntansi ini memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan data yang terkait dengan transaksi finansial perusahaan. Maka dari itu, diperlukan kemampuan untuk menganalisis serta melakukan evaluasi yang tepat. Sehingga, nantinya diharapkan dapat meraih tujuan yang sudah disepakati sebelumnya.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB

4 Cerita Dongeng Pendek tentang Hewan (Fabel)

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:12 WIB

Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB
X