Mengenal Gurun Sahara, Gurun Pasir Terbesar di Dunia Membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:49 WIB
Gurun sahara Ilustrasi
Gurun sahara Ilustrasi

Jakarta, HarianHaluan.com - Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Berdasarkan sejarahnya, nama "Sahara" diambil dari bahasa Arab yang berarti "padang pasir".

Gurun Sahara sendiri terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur.

Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika "yang sejatinya". Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2.

Baca Juga: Fenomena Tak Biasa! Gurun Sahara Bersalju, Suhunya Sentuh -3 Derajat Celcius

Beberapa ribu tahun lalu, Sahara adalah sabana yang ditinggali manusia. Pada abad ke-3 SM, iklim berubah menjadikan sabana tersebut gersang. Para pemukim kemudian berpindah ke tepi sungai Nil yang sebelumnya berbentuk rawa.

Hal ini diketahui melalui beberapa lukisan-lukisan kuno yang di temukan di beberapa gua di Sahara. Di salah satu lukisannya, terdapat gambar hewan-hewan yang tidak biasanya ditemukan disana, seperti gajah, jerapah, dan beberapa hewan pemakan rumput seperti kuda.

Kondisi alam menjadikan tidak ada peninggalan arkeologis yang bertahan di Sahara selain prasasti. Prasasti yang ditemukan pada 2007 mengindikasikan bahwa Sahara pernah menjadi jalur perdagangan di Afrika.

Saat ini, secara geografis gurun besar ini membentang di 11 negara, dimulai dari Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sahara Barat, Sudan, hingga Tunisia.

Baca Juga: Arab Saudi Alami Cuaca Ekstrem, Gurun Sahara Mulai Bersalju

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lulus dengan IPK 3,78, Candrianto Raih Gelar Doktor

Kamis, 22 September 2022 | 15:42 WIB

STMIK Indonesia Padang Gelar Kegiatan PKKMB

Kamis, 22 September 2022 | 15:19 WIB

Sumbar Kembangkan Pendidikan Berbasis Syariah

Kamis, 22 September 2022 | 06:22 WIB
X