Pengertian dan Konsep Dasar Semiotika

- Senin, 8 Agustus 2022 | 18:56 WIB
Pengertian dan Konsep Dasar Semiotika
Pengertian dan Konsep Dasar Semiotika

 

Dalam kehidupan sehari-hari, Semiotika kerap kali muncul sebagai sebuah tanda khususnya dalam berkomunikasi. Beberapa tanda memiliki sebuah konsep khusus dan sama=sama dipahami oleh pihak yang berkomunikasi tersebut.

Dalam ilmu linguistik, ilmu yang membahas mengenai tanda itu disebut dengan semiotik. Semiotik tidak hanya terdapat dalam sebuah tulisan, namun bisa juga ditemukan dalam berbagai karya sastra seperti film, drama, hingga lagu.

Secara etimologis, kata “semiotik” ini berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “simeon” artinya merupakan sebuah tanda. Selain itu,  “Semiotika” dalam Bahasa Inggris yang berarti “semiotics” dan “semiology”.

Secara terminologis, Semiotika didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari suatu tanda. Tanda adalah suatu dasar konvensi sosial dan memiliki sesuatu (makna) tertentu.

Menurut Christomy dan Yuwono (2004), berpendapat bahwa semiotika adalah studi tentang tanda-tanda (sign), fungsi tanda, dan produksi tanda.

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 SD: Kalimat Saran Beserta Contohnya

Konsep Dasar Semiotika

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Semiotika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang makna dan sebuah tanda dengan menyertakan mitos dan metafora yang bersangkutan dengan tanda tersebut.

Adapun beberapa konsep dasar yang dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure yang meliputi tanda atau simbol, kode, makna, mitos, dan metafora.

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lulus dengan IPK 3,78, Candrianto Raih Gelar Doktor

Kamis, 22 September 2022 | 15:42 WIB

STMIK Indonesia Padang Gelar Kegiatan PKKMB

Kamis, 22 September 2022 | 15:19 WIB

Sumbar Kembangkan Pendidikan Berbasis Syariah

Kamis, 22 September 2022 | 06:22 WIB
X