Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB
ilustrasi membuat abstraksi
ilustrasi membuat abstraksi

Jika kamu sedang menyusun penelitian ilmiah atau skripsi dalam masa akhir kuliah kamu, pasti dalam penelitian itu akan diperlukan penulisan sebuah abstaksi.

Dalam karya tulis ilmiah bagian abstrak biasanya terletak di awal karya tulis ilmiah sebelum masuk pada seluruh inti penulisan tersebut.

Abstrak secara umum merupakan sebuah ringaksan dari isi karya tulis ilmiah yang ditulis dengan singkat dan padat. Dalam membuat abstrak biasanya jumlah kata yang dituliskan sebanyak 250 hingga 500 kata, tergantung pedoman penulisan karya ilmiah tersebut.

Dalam membuat sebuah abstrak ada beberapa komponen penting yang meliputi pokok masalah, tujuan, metode, data, dan kesimpulan yang dituliskan dalam bentuk satu paragraf utuh.

Penulisan abstraksi ini merupakan hal yang penting dalam sebuah penelitian ilmiah, oleh karena itu abstrak diletakan di awal bagian yang biasanya akan dibaca oleh pembaca karya ilmiah tersebut untuk mendapatkan seluruh inti penulisan ilmiah yang kamu tulis.

Baca Juga: Penelitian Sosial: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Seperti yang sudah dibahas bahwa abstrak hanya memiliki beberapa kata yang dituliskan dalam jumlah sedikit, namun dalam membuat abstrak juga cukup sulit dan diperlukan pemahaman mengenai beberapa struktur dan juga tahapan penulisannya.

Simak penjelasnnya berikut ini.

Struktur Abstrak

Halaman:

Editor: Adinda Nawangwulan

Sumber: Gramedia Blog

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lulus dengan IPK 3,78, Candrianto Raih Gelar Doktor

Kamis, 22 September 2022 | 15:42 WIB

STMIK Indonesia Padang Gelar Kegiatan PKKMB

Kamis, 22 September 2022 | 15:19 WIB

Sumbar Kembangkan Pendidikan Berbasis Syariah

Kamis, 22 September 2022 | 06:22 WIB
X