Ketahui Tujuan Kedatangan NICA ke Indonesia (Sejarah SMP Kelas 8)

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:51 WIB
Tujuan Kedatangan NICA ke Indonesia (Ruswanti )
Tujuan Kedatangan NICA ke Indonesia (Ruswanti )

Saat Jepang datang dan menduduki Indonesia, orang Belanda melarikan diri ke Australia. Orang Belanda yang pindah ke sana justru membentuk badan pemerintahan sementara, yang bernama NICA.

NICA merupakan singkatan dari Netherland Indies Civil Administration dibentuk pada 3 April 1944 di Australia. Badan pemerintahan ini disiapkan untuk menguasai Hindia Belanda kembali jika Jepang menyerah.

NICA bertugas sebagai penghubung antara Pemerintah Kolonial Belanda di pengasingan dengan Komando Tertinggi Sekutu di Pasifik. Mereka menyepakati bahwa jika Hindia Belanda berhasil direbut oleh Sekutu, Hindia Belanda akan diserahkan kepada pemerintahan sipil NICA.

 

NICA-ke-Indonesia">Tujuan Kedatangan NICA ke Indonesia

Baca Juga: Mengenal 6 Organisasi Pergerakan di Indonesia (Sejarah SMP Kelas 8)

Pasukan NICA (Netherland Indies Civil Administration) (Ruswanti )

Pada 29 September 1945, dipimpin oleh Letnan Jenderal Sir Philip Christison, pasukan sekutu kembali ke Indonesia untuk melucuti Jepang. Awalnya, kedatangan mereka disambut dengan sikap terbuka oleh masyarakat Indonesia.

Kehadiran pasukan sekutu dianggap membawa perdamaian bagi rakyat Indonesia setelah melalui penderitaan di bawah penjajahan Jepang. Namun, respons mereka langsung berubah menjadi tidak baik karena mengetahui kedatangan sekutu diboncengi oleh NICA

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X