Otonomi Daerah: Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Fungsinya

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 02:52 WIB
Otonomi Daerah
Otonomi Daerah

Harian Haluan - Otonomi daerah merupakan kewajiban yang diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri wilayahnya. Ini bisa meningkatkan daya guna dan hasil penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan.

Apa Itu Otonomi Daerah?

Otonomi daerah diatur dalam UU NO. 22 Tahun 1999 mengenai Pemerintahan Daerah. Istilah ini mulai dikenal sejak dibentuknya Komite Nasional Indonesia Daerah atau biasa disingkat dengan KNID. Komite tersebut merupakan lembaga yang menjalankan pemerintah daerah serta melaksanakan tugas dengan mengatur rumah tangga daerahnya.

Dalam pasal 1 ayat (5) UU No 32 Tahun 2004 mengenai Pemerintahan Daerah menjelaskan bahwa: “Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan”.

Sementara itu, dikutip dari buku Ilmu Hukum Tata Negara (2018) karangan Bambang Suparno, secara etimologis, otonomi daerah berasal dari bahasa Yunani yaitu auto dan nomous. Auto berarti sendiri, dan nomous artinya hukum atau peraturan. Jadi bisa disimpulkan bahwa otonomi daerah ialah aturan yang mengatur daerahnya sendiri.

Tujuan Otonomi Daerah

Tujuan utama otonomi daerah yang dilansir dari buku Keuangan di Era Otonomi Daerah (2017) oleh Yoyo Sudaryo dkk, ialah meningkatkan pelayanan publik serta memajukan perekonomian daerah. Tidak hanya itu, namun otonomi daerah juga ditujukan untuk memberdayakan masyarakat agar berpartisipasi dalam proses pembangunan.

Sementara itu, menurut Johan Jasin dalam buku Penegakan Hukum dan Hak Asasi Manusia di Era Otonomi Daerah (2019), tujuan otonomi daerah yaitu sebagai berikut:

  • Menjaga stabilitas politik dalam menghadapi tuntutan pemisahan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Mencapai kemandirian peningkatan kehidupan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya, aset, dan berbagai potensi lainnya.
  • Meningkatkan pemerataan pembangunan.

Prinsip Otonomi Daerah

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X