Desentralisasi: Definisi, Tujuan, Jenis-Jenisnya, Serta Kelebihan Dan Kelemahan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:02 WIB
Desentralisasi
Desentralisasi

Harian Haluan - Menurut KBBI, desentralisasi ialah sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah. Sedangkan dalam UU No 5 Tahun 1974 mengenai pokok pemerintahan di Daerah, desentralisasi diartikan sebagai penyerahan urusan pemerintah dari pemerintah atau daerah tingkat atasannya kepada daerah menjadi urusan rumah tangganya.

Definisi Desentralisasi

Sistem desentralisasi ialah pemerintah pusat yang memberikan wewenang terhadap pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pembangunan. Meskipun memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah, namun pemerintah pusat tetap memantau.

Sistem ini mengedepankan koordinasi dibandingkan komando. Bentuk dari penerapan sistem ini ialah otonomi daerah yang dijalankan oleh pemerintah daerah.

Tujuan Desentralisasi

Tentu saja sistem ini dijalankan dengan tujuan yang ingin dicapai. Beberapa tujuan tersebut diantaranya:

  • Perbaikan Sosial Ekonomi di Daerah: tujuan ini diwujudkan dengan penerapan berbagai program pemerintah daerah untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Mencegah Pemusatan Keuangan: adanya sistem desentralisasi maka pemerintah pusat melimpahkan pengelolaan keuangan kepada pemerintah daerah. Dengan demikian maka penganggaran dan realisasi keuangan daerah bisa terlaksana dengan baik untuk meningkatkan kerja sama umum di daerah tersebut.
  • Bentuk Demokrasi Pemerintah Daerah: sistem ini diterapkan untuk membentuk demokrasi pemerintah daerah sehingga berharap masyarakat juga turut serta dalam proses penyelenggaraan pemerintah.

Jenis-Jenis Desentralisasi Dalam Pemerintahan

Dalam pemerintahan, desentralisasi dibedakan menjadi beberapa jenis. Setiap jenisnya memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing.

  1. Desentralisasi Politik

Adanya desentralisasi ini bertujuan untuk memberikan warga negara maupun perwakilan terpilih lebih banyak kekuasaan dalam pengambilan keputusan publik. Tujuannya yaitu untuk memperkenalkan bentuk pemerintahan yang lebih partisipatif. Dengan demikian akan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap warga negara dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X