Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB
Adhesi dan Kohesi
Adhesi dan Kohesi

Harian Haluan - Ketika mempelajari fluida terutama fluida statis, Anda akan menemukan istilah yang disebut adhesi dan kohesi. Adhesi merupakan gaya tarik-menarik antar spesies dan molekul yang berbeda. Sedangkan kohesi ialah tarik-menarik antara molekul yang sejenis.

Pengertian Adhesi Dan Kohesi

Adhesi ialah gaya tarik-menarik antara partikel yang tidak sejenis. Gaya ini akan mengakibatkan dua zat akan saling melekat apabila dicampurkan. Contohnya yaitu bercampurnya air dengan teh atau kopi, melekatnya air pada dinding pipa kapiler, melekatnya tinta pada kertas, dan masih banyak lagi.

Sedangkan kohesi merupakan gaya tarik-menarik antara partikel yang sejenis. Gaya ini dipengaruhi oleh kerapatan dan jarak antarpartikel dalam zat. Anda tentu mengetahui bahwa gaya kohesi zat padat lebih besar jika dibandingkan dengan zat cair dan gas.

Kohesi mengakibatkan dua zat apabila dicampurkan tidak akan saling melekat satu sama lain. Contohnya tidak bercampurnya air dan minyak, tidak melekatnya air raksa pada dinding pipa kapiler, dan air pada daun talas.

Dampak Pencampuran 2 Macam Zat

Setidaknya terdapat 3 kondisi yang mungkin terjadi apabila kita mencampurkan 2 macam zat, yaitu:

  • Apabila gaya kohesi antar partikel zat yang berbeda lebih besar dibandingkan gaya adhesinya, maka kedua zat tidak akan tercampur. Contohnya minyak kelapa dicampur dengan air.
  • Apabila gaya adhesi antar partikel zat yang berbeda sama besar dengan gaya kohesi, maka kedua zat tersebut akan bercampur dengan merata. Contohnya air dicampur dengan alkohol.
  • Apabila gaya adhesi antar partikel zat yang berbeda lebih besar dibandingkan gaya kohesi, maka kedua zat akan saling menempel. Contohnya yaitu air yang menempel pada kaca.

Peristiwa Menarik Dalam Fisika Akibat Kohesi Dan Adhesi

Akibat adanya kohesi dan adhesi, maka terjadi beberapa peristiwa yang cukup menarik dalam fisika. Beberapa peristiwa tersebut diantaranya:

  1. Meniskus Cembung Dan Meniskus Cekung

Meniskus merupakan peristiwa mencekung maupun mencembungnya permukaan pada zat cair. Meniskus dibedakan menjadi 2 berdasarkan bentuk permukaan zat cair yaitu meniskus cembung dan cekung.

Meniskus cembung terjadi apabila kohesi lebih besar dibandingkan adhesi. Sedangkan meniskus cekung terjadi apabila adhesi lebih besar dibandingkan kohesi.

  1. Kapilaritas

Merupakan peristiwa naik turunnya zat cair di dalam pipa kapiler. Contoh peristiwa kapilaritas yaitu naiknya minyak tanah pada sumbu kompor, naiknya air dari akar daun ke daun pada tumbuhan melalui pembuluh xylem, dan masih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X