Kurikulum Merdeka IPAS Kelas 5 SD/MI: Bumi, Litosfer, Hidrosfer dan Atmosfer

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:17 WIB
Ilustrasi bumi beserta litosfer, hidrosfer, dan atmosfer dalam kurikulum merdeka kelas 5 SD
Ilustrasi bumi beserta litosfer, hidrosfer, dan atmosfer dalam kurikulum merdeka kelas 5 SD

Pada Mei 2020, dua orang manusia bernama Bob Behnken dan Doug Hurley berhasil diterbangkan ke luar angkasa menggunakan pesawat khusus.

Bumi tempat makhluk hidup tinggal ini memiliki luas sekitar 510 juta kilometer persegi. Luasnya setara dengan 10 miliar lapangan sepak bola.

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa harus mencapai tujuan pembelajaran berikut:

1. Mengetahui struktur lapisan Bumi (litosfer, hidrosfer, dan atmosfer) dan kenampakan alam yang ada di daratan maupun perairan.

2. Menjelaskan terjadinya siklus air dan perubahan-perubahan di permukaan bumi.

3. Peserta didik menceritakan kembali proses pergerakan lempeng bumi yang terjadi akibat arus konveksi cairan di mantel Bumi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan, ternyata bentuk permukaan bumi tidaklah datar dan mulus, melainkan bermacam-macam bentuknya.

Ada daerah yang menonjol, ada daerah yang cekung, ada yang terisi oleh air, dan ada juga yang kering. Selain itu, ada daerah yang penuh dengan tanaman dan ada juga yang gersang.

Bagian dari alam tersebut ada yang di daratan, di lautan dan juga di udara. Dalam bahasa ilmiah, bagian Bumi bisa dibagi menjadi tiga, yaitu litosferhidrosfer, dan atmosfer.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X