Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD/MI: Upaya Melestarikan Sumber Daya Alam di Indonesia

- Senin, 15 Agustus 2022 | 13:06 WIB
Ilustrasi upaya melestarikan sumber daya alam sebagai materi IPAS kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka
Ilustrasi upaya melestarikan sumber daya alam sebagai materi IPAS kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka

Sumber daya alam (SDA) bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu SDA yang bisa diperbarui dan SDA yang tidak bisa diperbarui.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah kekayaan alam yang masih dapat dibudidayakan kembali apabila sudah habis dipakai. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan hasil hutan.

Adapun air, tanah, dan udara merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui dengan cara menjadikannya baru. Air akan langka saat musim kemarau, tetapi saat musim hujan air akan melimpah.

Udara kotor dapat diperbarui dengan cara menanam tumbuhan sehingga udara di sekitar akan kembali bersih dan segar. Adapun tanah yang tidak subur dapat diperbarui melalui pemberian pupuk alami/kompos.

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui merupakan SDA yang akan habis jika digunakan terus-menerus.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui meliputi seluruh hasil tambang, seperti minyak bumi, gas alam, emas, dan sebagainya.

Karena sulit untuk diperbarui atau membutuhkan waktu yang sangat lama, penggunaannya haruslah bijaksana dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Mendaur ulang kembali, seperti daur ulang besi dan logam lainnya serta daur ulang plastik merupakan salah satu cara untuk menjaga SDA.

Dampak Pengambilan Sumber Daya dan Upaya Melestarikan

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X