Iklan: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Jenis-Jenis Iklan

- Senin, 15 Agustus 2022 | 15:50 WIB
Ilustrasi (foto:freepik)
Ilustrasi (foto:freepik)

Harian Haluan - Untuk memperkenalkan sebuah produk, perusahaan memanfaatkan iklan sebagai salah satu media promosi. Dalam KBBI, iklan merupakan berita pesanan yang berguna untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada produk yang ditawarkan. Lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Iklan

Iklan adalah salah satu media promosi yang bertujuan untuk mengenalkan dan memasarkan produk pada suatu perusahaan. Dalam iklan terdapat kata kunci dan gambar untuk mendukung teks iklan yang dibuat. Kalimat yang menarik dan mudah untuk dipahami serta gambar yang sesuai menjadi hal yang penting dalam sebuah iklan.

Dalam pembuatan iklan menggunakan kalimat persuasif atau bersifat mengajak. Tujuannya tentu saja untuk menarik minat pembaca dan agar pesan yang disampaikan mudah untuk dimengerti. Anda biasanya menjumpai iklan dalam majalah, koran, poster, maupun media elektronik.

Karakteristik Iklan

Berdasarkan penjelasan di atas, iklan memiliki karakteristik yang harus dipenuhi. Iklan haruslah bersifat informatif dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti bahkan oleh orang yang awam sekalipun.

Selain itu, iklan juga harus dikemas secara menarik agar mampu mencuri perhatian audiens. Iklan bersifat persuasif atau mengajak orang untuk bersimpati pada pesan yang ingin disampaikan atau agar audiens mencoba produk yang ditawarkan.

Tujuan Iklan

Iklan dibuat tentu dengan tujuan yang ingin dicapai. Beberapa tujuan dari iklan yaitu sebagai berikut:

  • Memberikan Informasi: iklan dibuat untuk memberitahukan pasar mengenai produk baru maupun perubahan harga, manfaat, cara kerja, dan membangun citra perusahaan.
  • Membujuk: adanya iklan bisa membantu preferensi merek, mengubah persepsi konsumen mengenai atribut produk, serta membujuk konsumen untuk mencoba dan membeli produk atau jasa yang diiklankan.
  • Mengingatkan: iklan membantu melindungi suatu merek perusahaan agar tetap segar dalam ingatan konsumen serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sebelumnya sudah ada.
  • Penambahan Nilai: iklan bisa memberikan nilai tambah berupa inovasi, penyempurnaan kualitas maupun mengubah persepsi konsumen.
  • Mendampingi: adanya iklan mampu memberikan pendampingan yang memfasilitasi upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Setelah mengetahui tujuan dari iklan, Anda juga perlu mengetahui jenis iklan berdasarkan isinya. Berikut ini beberapa jenis iklan berdasarkan isinya, antara lain:

  1. Iklan Layanan Masyarakat

Salah satu jenis iklan berdasarkan isinya yaitu iklan layanan masyarakat. Iklan ini biasanya berasal dari instansi maupun lembaga pemerintah yang berisi tentang suatu informasi sosialisasi kepada masyarakat terhadap topik atau isu tertentu. Contohnya yaitu iklan PEMILU, iklan menjaga kebersihan lingkungan, dan masih banyak lagi.

  1. Iklan Pengumuman/Pemberitahuan

Selain iklan layanan masyarakat, iklan pengumuman juga termasuk di dalamnya. Iklan ini dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian masyarakat tertentu saja. Berisi mengenai pemberitahuan akan sesuatu hal seperti pelaksanaan sebuah acara maupun yang lainnya.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X