Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

- Senin, 15 Agustus 2022 | 15:59 WIB
Ilustrasi Desain Grafis
Ilustrasi Desain Grafis

Harian Haluan - Desain grafis ialah salah satu bentuk komunikasi visual. Keberadaannya memudahkan manusia untuk menangkap pesan maupun makna dari sebuah hasil desain. Tidak hanya mendesain maupun merancang sesuatu, namun juga menyusun pesan yang mudah dipahami oleh orang lain.

Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis merupakan rancangan komunikasi dalam bentuk gambar yang bertujuan untuk menyampaikan informasi maupun pesan kepada publik. Desain grafis merupakan bentuk komunikasi gambar yang sifatnya komunikatif dan informatif.

Jenis-Jenis Desain Grafis

Secara garis besar, desain grafis dibagi menjadi 2 jenis, yaitu grafis bitmap dan grafis vektor. Berikut penjelasannya.

  1. Grafis Bitmap

Ialah grafis yang terbentuk dari kumpulan titik maupun piksel dalam tampilan layar komputer. Apabila hasil grafisnya diperbesar melebihi ukuran normal, maka akan terlihat kotak-kotak atau pikselnya.

Jenis grafis ini bersifat compatible sehingga bisa diakses di berbagai software gratis. Contohnya yaitu JPG, BMP, dan PNG. Beberapa aplikasi pembuat grafis ini ialah Adobe Photoshop dan Microsoft Paint.

  1. Grafis Vektor

Ialah grafis yang dihasilkan dari perhitungan matematis untuk menentukan komposisi warna, ketebalan, hingga posisinya yang tepat. Apabila diperbesar, hasil grafis ini tidak akan terlihat kota-kotak.

Jenis grafis ini hanya bisa dibuka melalui software pembuatnya. Contoh grafis vektor ialah PICT, EPS, dan WMF. Pada umumnya grafis ini dibuat dengan CorelDraw dan Adobe Illustrator.

Fungsi Desain Grafis

Desain grafis muncul sebagai salah satu bukti dari perkembangan teknologi. Di dalam kehidupan sehari-hari, desain grafis memiliki fungsi yang cukup banyak. Beberapa fungsi tersebut antara lain:

  1. Sebagai Media Komunikasi

Desain grafis memegang peran penting sebagai media komunikasi. Hasil karya dalam pembuatan desain grafis bisa digunakan untuk media komunikasi. Contohnya membuat banner, slogan, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Rafi Darwis

Tags

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X