Cerita Dongeng: Struktur, Unsur, dan Bagaimana Penulisannya

- Senin, 15 Agustus 2022 | 20:02 WIB
Cerita Dongeng (Ruswanti)
Cerita Dongeng (Ruswanti)

 

Cerita dongeng adalah cerita rakyat yang fiktif atau khayalan dengan tema-tema imajinatif dan sering tidak masuk akal. Biasanya, dongeng melibatkan kejadian luar biasa sehingga pembaca ikut merasakan suasana yang terjadi di dalam cerita.

Kebanyakan cerita dongeng tidak dapat dikenali siapa pengarangnya, baik itu lisan maupun tulisan, karena merupakan cerita turun-temurun dari nenek moyang. Sebagai sastra lama, cerita dongeng menjadi hiburan yang menyenangkan dan memuat pesan moral.

Sebelum menulis cerita dongeng, kamu perlu mengetahui struktur cerita dongeng sekaligus unsur-unsur cerita dongeng. Yuk, simak penjelasannya!

 

Struktur Cerita Dongeng

Baca Juga: Struktur Teks Cerita Sejarah

Berikut adalah struktur cerita dongeng.

  1. Pendahuluan, yaitu bagian pengantar dalam cerita dongeng, biasanya dibuat untuk menjelaskan secara ringkas isi cerita dongeng.
  2. Isi (Peristiwa), yaitu bagian utama dan terpenting dari cerita dongeng, yang berisi urutan kejadian dari suatu peristiwa.
  3. Penutup, yaitu bagian akhir dari cerita yang dibuat untuk mengakhiri cerita dongeng, biasanya berisi pesan moral dan kata penutup.

 

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

28 SMK Negeri di Sumbar Bertransformasi Jadi BLUD

Kamis, 29 September 2022 | 06:14 WIB
X