Satu-Satunya di Sumbar, ITP Raih Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka Rp2,3 Miliar

- Jumat, 11 Juni 2021 | 06:43 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Rektor ITP Hendri Nofrianto, Kamis (11/6/2021) menyebutkan Institut Teknologi Padang (ITP) mendapat hibah dana Rp2.3 Miliyar rupiah.pada Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) yang di launching Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dikenal dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

“Di bulan November ITP mendapat undangan untuk ikut berkompetisi mendapat hibah PK-KM dengan melalui 3 kategor liga. Minggu ini ITP mendapat informasi melalui email bahwasannya ITP lolos dalam PK-KM dengan dana 2.3 Miliyar rupiah untuk satu tahun. Projek ini akan bergulir selama tiga tahun. Jumlah yang diterima ITP sesuai dengan kegiatan yang ditawarkan ITP pada PK-KM tersebut,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dana 2.3 Miliyar tersebut  disesuaikan dengan 8 indikator kinerja utama (IKU) sesuai  keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diantaranya yang pertama program magang dan praktek industr. Indikatornya menyangkut kegiatan magang di perusahaan yang telah disiapkan oleh pemerintah. Seluruh perusahaan BUMN, didorong untuk menerima mahasiswa yang magang di perusahaannya dan tidak membedakan antara PTN maupun PTS. 

“Alhamdulillah melalu program ini semua mahasiswa tidak dibedakan asal perguruan tingginya. Bahkan saat ini, mahasiswa ITP ada yang sedang magang di Semen Padang. Ini merupakan komitmen dari pemerintah untuk memberdayakan BUMNnya untuk mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

Selanjutnya yang kedua, kata Nofrianto, adalah projek di desa. Mahasiswa diperbolehkan membuat projek yang artinya berinovasi di desa. “Kalau selama ini untuk menamatkan S1 prosesnya adalah ikut praktek lapangan (PL) dan menyelesaikan skripsi atau tugas akhir. Nantinya, hal tersebut tidak harus melakukan tugas akhir lagi, boleh dengan membuat laporan ke desa,” katanya.

Kemudian yang ketiga, program pertukaran pelajar. Kegiatan tersebut juga telah dilaksanakan oleh ITP dengan bekerjasama dengan UGM, Undiknas dan lainnya yang sudah terlaksana di semester genap. Selanjutnya yang keempat katanya, penelitian dan/atau riset, kelima mendorong untuk berwirausaha yang aplikatif bukan hanya teori saja. Keenam studi atau proyek independent, ketujuh projek kemanusiaan dan yang terakhir mahasiswa boleh mengajar di sekolah baik itu SMK maupun SMA, bukan hanya lulusan dari universitas seperti UNP saja.

Editor: Administrator

Terkini

Pengertian Lingkungan Hidup dan Cara Menjaganya

Jumat, 24 September 2021 | 19:13 WIB

Keistimewaan Membaca Surah Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 24 September 2021 | 06:56 WIB

Ekosistem: Definisi dan Komponen Pembentuknya

Rabu, 22 September 2021 | 20:19 WIB
X