Unilak Pekanbaru Jalin Kerja Sama dengan BSN RI

- Kamis, 17 Juni 2021 | 23:54 WIB

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menjalin kerja sama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) Republik Indonesia.mAnggota DPR RI Komisi II, Arsyadjuliandi Rachman, mengapresiasi kerjasama tersebut.

“Sebagai anggota dewan dapil Riau saya akan mendorong penguatan kelembagaan BSN di daerah. Dari saat ini statusnya pelaksana teknis menjadi Unit Pelaksana Teknis Satuan Kerja.  Saya akan berkomunikasi dengan Kemenpan RB untuk mempercepat kelembagaan ini,” ujar Andi Rahman, usai menyaksikan penandatanganan MoU, antara Rektor Unilak, Junaidi dengan Kepala BSN RI Kukuh S Ahmad di gedung Balai Serindit, Gubernuran Riau, Kamis (17/6/2021), seperti dilansir Haluanriau.co.

Dijelaskan mantan Gubernur Riau ini, melalui BSB ini, universitas bisa mengambil kerjasama pendidikan, pelatihan, dan promosi standardisasi di lingkungan lembaga pendidikan, peningkatan partisipasi pakar di lingkungan lembaga pendidikan dalam kegiatan standardisasi, pertukaran informasi standardisasi, pembinaan laboratorium di lingkungan universitas, dan riset dan diseminasi hasil riset di bidang standardisasi termasuk penyelenggaraan Pertemuan dan Presentasi llmiah Standardisasi.

“Jadi di Unilak dengan bekerjasama dengan BSN, Insya Allah, mendorong Sumber daya manusia di Unilak untuk lebih meningkatkan kapasistasnya, dan sumber daya manusianay menjadi perguruan tinggi yang lebih berkelas lagi. Yang jelas respon dari Unilak ini bagis dan cepat,” kata Politis Partai Golkar ini.

Sementara itu kepala BSN, Kukuh S Ahmad, dalam mengatakan standarisasi tidak mungkin bergerak tanpa peran perguruan tinggi.  Karena recources, SDM, infrastruktur perguruan tinggi di seluruh indonesia sangat besar.

“Kami bahu-membahu dengan perguruan tinggi saling berkontribusi, di PT mereka mengemban Tri Dharma Perguruan tinggi, tapi di sisi lain standardisasi juga memerlukan ekpertis (keahlian) teman-teman di perguruan tinggi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dengan keberadaan BSN ini dan kerjasama yang terjalin sangat penting bagi kedua belah pihak. Bagi BSN, peran Perguruan Tinggi dalam mengedukasi standardisasi bagi akademisi atau mahasiswa sangat dibutuhkan dan diharapkan akan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan standar dan standardisasi. Lulusan perguruan tinggi kini dituntut paham standar, karena standar piranti handal dalam perubahan sosial, ekonomi dan budaya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Politeknik ATI Padang Rancang IPAL Mini

Minggu, 25 Juli 2021 | 19:53 WIB

22 Mahasiswa Bentuk IKMB, Wadah Informasi Maba

Minggu, 25 Juli 2021 | 19:51 WIB
X