Sekolah Asrama di Sumbar Punya Keunggulan Cetak Lulusan Berdaya Saing

- Jumat, 16 Juli 2021 | 12:01 WIB
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. (Milna Miana)
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. (Milna Miana)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekolah swasta yang menggunakan sistem asrama memiliki keunggulan ganda untuk bisa mendidik siswanya menjadi lulusan yang memiliki daya saing tinggi sehingga berpeluang lebih besar untuk lulus di perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri.

"Keunggulan pertama sebagai sekolah swasta memiliki fleksibilitas dalam meningkatkan kualitas. Sekolah bisa berkompromi dengan orang tua siswa untuk biaya pendidikan. Makin tinggi biaya makin tinggi kualitas," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat mengunjungi SMA IT Darul Hikmah di Bumi Santri Pramuka Pondok Pesantren/SMA IT Darul Hikmah Nagari Aie Gadang, Pasaman Barat.

Baca Juga: Sekolah Digital, Solusi lain Sekolah Daring

Keunggulan kedua, bisa memanfaatkan waktu luang di asrama untuk mendorong siswa agar meningkatkan SDM sehingga memiliki kemampuan untuk lulus di perguruan tinggi ternama.

Gubernur mengatakan jika lulusan sekolah tersebut ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, Pemprov Sumbar juga telah menyiapkan sejumlah skema untuk membantu.

Baca Juga: Giat Sambang, Kapolres Dharmasraya Temukan Penerapan Prokes di Sekolah Masih Lemah

Skema itu diantaranya menyiapkan perwakilan resmi pemprov Sumbar di berbagai negara yang bisa mengkomunikasikan kerjasama antara Sumbar dengan negara tujuan.

Selain itu juga ada jaringan Minang Diaspora yang selalu bersedia membantu warga Minang jika ingin keluar negeri.

"Kita juga sedang mengupayakan sister city dengan kota di beberapa negara sehingga bisa pula membantu nantinya untuk pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri," katanya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB
X