Kurikulum Merdeka PJOK Kelas 4 SD/MI: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Gerakan Melompat dan Meloncat

- Kamis, 1 September 2022 | 14:37 WIB
Ilustrasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat dari materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka
Ilustrasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat dari materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa kelas 4 SD/MI diharapkan untuk memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat.

Melompat adalah gerakan memindahkan badan dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kedua kaki untuk menolak dan dua kaki untuk mendarat.

Untuk melompat dengan baik, kedua lengan harus membantu dengan berayun ke atas, dan gerakan tubuh dikombinasikan dengan dorongan dari kaki untuk mengangkat berat tubuh. Mendarat dengan bagian jari-jari kaki dan lutut ditekuk.

Lompatan biasanya dilakukan dengan dua arah; pertama, menaikkan tubuh secara vertikal (lurus ke atas) untuk mencapai ketinggian, atau kedua, menaikkan tubuh dengan momentum horisontal untuk memperoleh jangkauan jarak yang jauh.

Tujuan dari gerakan melompat adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun sifatnya tidak sealamiah berjalan dan berlari, semua anak normal biasanya sudah menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka.

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinsi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat antara lain sebagai berikut:

Aktivitas pembelajaran melompat ke depan dengan tolakan salah satu kaki

Melompat ke depan dengan tolakan salah satu kaki

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X