Kurikulum Merdeka PJOK Kelas 4 SD/MI: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Gerakan Berjalan, Berlari, dan Melompat

- Kamis, 1 September 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka
Ilustrasi materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa kelas 4 SD/MI diharapkan untuk memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, dan melompat.

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari berbelok-belok, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.

Gerak gerakan variasi dan kombinasi gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat adalah melakukan gerakan berjalan, berlari, dan melompat dalam satu gerakan.

Peserta didik diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.

Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik diminta untuk menyampaikan atau menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.

Kemudian, peserta didik diminta untuk menyampaikan atau menceritakan pengalaman tersebut dengan teman sekelompoknya.

Jika menemukan kesulitan, peserta didik minta bantuan kepada guru. Peserta didik diminta untuk mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat dengan saksama.

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat antara lain sebagai berikut:

Aktivitas pembelajaran berjalan dan melompat sejauh-jauhnya

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X