Kurikulum Merdeka PJOK Kelas 4 SD/MI: Pola Gerak Dasar Nonlokomotor, Gerakan Mengayun

- Kamis, 1 September 2022 | 12:46 WIB
Ilustrasi variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun, materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka
Ilustrasi variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun, materi PJOK kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

Aktivitas 1

Dalam Kurikulum Merdeka, siswa diarahkan untuk memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun.

Gerakan mengayun, pola, dan pengembangannya sama dengan pola goyangan. Supaya lebih memberi kejelasan, yang akan dipilih dalam gerakan ayunan ini adalah gerakan ayunan keseluruhan.

Artinya tidak hanya menggerakkan salah satu bagian badan saja, melainkan seluruh tubuh.

Sebagai gambaran awal, gerakan ayunan ini akan divariasikan dengan tiga teknik pengayaan yang sudah dikenal, yaitu: gerakan terpisah, perubahan ukuran, dan perubahan tingkatan.

Gerakan terpisah dalam ayunan adalah gerakan ayunan satu lengan depan belakang (bukan putaran) ganti lengan yang lain ayun kedua-duanya.

Ayunkan tanganmu (dari siku ke bawah) ganti tangan yang lain ayun keduanya bersamaan. Berikut ayunkan kepalamu depan belakang dan lalu ke samping.

Perubahan ukuran dalam ayunan dimana anak-anak akan bermain-main dengan ayunan yang melibatkan seluruh tubuhnya, tidak terbatas pada salah satu anggota tubuh saja.

Perubahan ukuran yang terjadi di sini disebabkan oleh variasi yang dibuat sehingga ada yang menyebabkan sebagian besar terlibat, ada yang tidak.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X