Wujudkan Green Campus, Politeknik ATI Padang Hadirkan Biopori

- Minggu, 18 Juli 2021 | 18:18 WIB
Dosen Politeknik ATI Padang tengah membuat biopori di lingkungan kampus tersebut.  (Milna Miana)
Dosen Politeknik ATI Padang tengah membuat biopori di lingkungan kampus tersebut. (Milna Miana)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Salah satu program unggulan Politeknik ATI Padang adalah menjadikan perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI ini sebagai Green Campus. Konsep Green Campus merupakan kampus yang peduli dan berbudaya lingkungan dan telah melakukan pengolahan lingkungan secara sistematis dan berkesinambungan.

Politeknik ATI Padang diharapkan menjadi salah satu “Agent of Change” yang berperan dalam menciptakan tempat yang nyaman, bersih dan sehat.

Baca Juga: Politeknik ATI Padang Webinar 'Indonesia Maju Zero Waste'

Salah satu upaya tercapainya Politeknik ATI Padang sebagai Green Campus adalah dengan membuat biopori di lingkungan kampus Politeknik ATI Padang.

Pembuatan biopori ini dipelopori oleh pengurus Bank Sampah Insan Oke (BINO) dan melibatkan mahasiswa Politeknik ATI Padang sebagai tim teknis.

Baca Juga: 24 Orang Mahasiswa Politeknik ATI Padang Kuliah Kerja Praktek di PT Wilmar

Untuk tahap awal pengurus dan tim teknis BINO menentukan lokasi yang akan diletakan biopori. Lokasi biopori sebaiknya pada area yang air secara alami akan cenderung tergenang, karena salah satu fungsi dari biopori adalah sebagai peresap air.

Lokasi yang terpilih adalah di depan gedung E dan disamping Gedung C kampus Politeknik ATI Padang. Setelah menentukan tempat tim BINO melubangi tanah dengan menggunakan bor tanah. Lobang yang dibuat kedalamannya lebih kurang 1 meter.

Setelah itu lapisi lobang menggunakan pipa PVC yang ukurannya sesuai dengan diamater lobang. Kemudian isi lobang dengan sampah organik seperti daun-daunan, rumput, kulit buah-buahan, dan sampah yang berasal dari tanaman lainnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Fungsi PBB dan Badan Utamanya yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 21:44 WIB

D4 PNP Mampu Bersaing dengan S-1 Universitas

Minggu, 19 September 2021 | 11:30 WIB
X